Banjir di Rengat, Warga Bersama Babinsa Goro Bangun Jembatan Penyeberangan
Sejumlah Desa Terdampak Banjir

By Bermadah 08 Nov 2018, 15:38:00 WIB Inhu
Banjir di Rengat, Warga Bersama Babinsa Goro Bangun Jembatan Penyeberangan

Keterangan Gambar : Babinsa Koramil 01/Rengat Sertu Suroto bersama warga di dua desa membangun jembatan penyeberangan yang terbuat dari bambu, Kamis (8/11/2018). Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu warga yang akan melintas di jalan poros desa yang terpapar banjir


BERMADAH.CO.ID, INHU - Warga di dua desa, yakni Desa Rantau Mapesai dan Desa Pulau Gajah Kecamatan Rengat gelar Gotong Royong (Goro) dengan membangun jembatan penyeberangan di atas tanah, tepatnya di jalan poros penghubung dua desa, Kamis (8/11/2018).

Sebanyak 60 orang warga dari dua desa yakni Desa Rantau Mapesai dan Desa Pulau Gajah bersama Babinsa Desa Rantau Mapesai Sertu Suroto dan Bhabinkamtibmas Desa Rantau Mapesai Brigadir Masrizal secara swadaya membuat jembatan khusus pejalan kaki yang terbuat dari bambu.

"Jembatan penyeberangan ini kami buat khusus untuk pejalan kaki. Sejak beberapa hari terakhir ini jalan poros desa ini terendam air setinggi lutut orang dewasa, kira-kira 50 centimeter. Airnya sangat deras dan sangat berbahaya bagi anak-anak yang akan melintas makanya kita bersama warga membangun jembatan bambu," jelas Suroto.

Ditambahkan Suroto, sebanyak 150 batang bambu yang digunakan dengan panjang 10 meter dan mulai hari ini dikerjakan.
"Alhamdulillah, pekerjaannya sudah selesai siang tadi. Kades dua desa binaan kita ada membantu pengadaan material, seperti paku kayu dan lain sebagainya," jelasnya. 

Sebagaimana untuk diketahui, akibat tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dalam beberapa pekan terakhir ini membuat debit air Sungai Indragiri meluap, khususnya Daerah Aliran Sungai (DAS) di wilayah Kecamatan Rengat. 

Luapan sungai hingga menggenangi ruas jalan penghubung antar dua desa, yakni Desa Rantau Mapesai dan Desa Pulau Gajah Kecamatan Rengat. 
Luapan air sungai Indragiri hingga setinggi lutut orang dewasa. Bahkan, derasnya air hingga membuat warga yang akan melintas dijalan tersebut kesulitan. 

Hal itu yang membuat sejumlah instansi terkait seperti Kodim 0302/Inhu, Polres Inhu dan KPBD Inhu berjibaku membantu warga yang akan melintas dengan membuat kawat seling baja sebagai pegangan. Bahkan, personel Babinsa dan Bhabinkantibmas di desa tersebut menggendong anak sekolah dasar yang pulang sekolah.
Hingga berita ini diturunkan debit air dijalan poros desa masih tinggi. Personel dari Kodim 0302/Inhu, Polres Inhu dan KPBD Inhu selalu standby di lokasi tersebut dan juga melakukan patroli disejumlah desa diwilayah Kecamatan Rengat yang rumahnya terpapar banjir.(yuz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video