Bea Cukai Riau Serahkan Berkas Perkara Rokok Ilegal

By Bermadah 20 Des 2018, 20:13:02 WIB Hukrim
Bea Cukai Riau Serahkan Berkas Perkara Rokok Ilegal

Keterangan Gambar : Tersangka GR Purba (kiri) berikut barang bukti berada di ruang Pidsus Kejari Inhu saat pelimpahan berkas perkara, Rabu 19 Desember 2018 malam kemarin.


BERMADAH.CO.ID, INHU - Berkas perkara sudah dianggap lengkap, tim penyidik dari Bea Cukai Kantor Wilayah Riau di Pekanbaru menyerahkan (melimpahkan-red) berkas berikut barang bukti dan juga tersangka ke penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu (Inhu), Rabu 19 Desember 2018 kemarin.

Pelimpahan atau tahap dua ini dilakukan pasca Jaksa Peneliti Khusus Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau menyatakan kalau berkas tersebut sudah dinyatakan lengkap (P21).

"Berkas perkara ini sudah diteliti oleh Pidsus Kejati Riau dan dinyatakan P21. Baru setelah itu kita limpahkan ke Kejari Inhu. Sebab, Locus atau Tempos (tempat dan waktu kejadian) berada di wilayah hukum Kejari Inhu. Sehingga pelimpahan berkasnya kita serahkan ke penyidik Pidsus Kejari Inhu," kata Ketua Tim Penyidik Kantor Bea Cukai Wilayah Riau Tarto Sudarsono kepada wartawan, Rabu 19 Desember 2018.

Tarto yang berada di Kejari Inhu pada Rabu 19 Desember 2018 malam kemarin usai menyerahakan berkas dan tersangka menegaskan, bahwa tersangka dalam perkara perdagangan rokok non cukai (Illegal) itu GR Purba (22) warga Jawa Timur diamankan oleh tim penindak pada 16 November 2018 lalu.

"Tersangka GR Purba ditangkap saat berada di Jalan Lintas Timur Desa Seberida, Kecamatan Batang Gansal Inhu pada bulan November kemarin. Dari tangan tersangka diamankan 30 dua rokok ilegal non cukai merek Lufman yang dibawa menggunakan satu unit mobil jenis Suzuki Ertiga," terang Tarto.

Atas perbuatannya tersangka GR Purba dinyayakan telah melakukan tindak pidana khusus (Tipisus) yang menimbulkan kerugian negara. Atas perbuatannya tersangka dijerat dengan pasal 54 dan 56 Undang-undang Cukai. Selanjutnya, tersangka berikut barang bukti (BB) jadi tanggungjawab penyidik Pidsus Kejari Inhu. Untuk selanjutnya dilimpahkan ke persidangan.(yuz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video