Biaya Perbaikan Mobil F1 Ternyata Bikin Geleng Kepala

By Bermadah 25 Des 2017, 10:07:29 WIB Teknologi
Biaya Perbaikan Mobil F1 Ternyata Bikin Geleng Kepala

JAKARTA (bermadah.co.id) - Untuk Otolovers yang hobi melihat mobil Formula 1 adu ngebut ataupun bermain gamenya, pernah tidak penasaran berapa ya kira-kira banderol mobil yang memiliki kecepatan setara pesawat jet itu? 

Banyak juga yang tidak tahu berapa biayanya dan hanya menyebutkan banyak biaya yang harus dikeluarkan. Itu baru harga, bagaiamana pula dengan biaya servis saat mobil tersebut rusak akibat tabrakan, berapa ya uang yang harus dikeluarkan agar mobil bisa mulus dan kembali balapan? 

Dalam sebuah video milik akun Youtube WTF1 yang dilihat detikOto, Minggu (24/12/2017), bila salah satu mobil F1 rusak, setiap tim setidaknya harus merogoh kocek sekitar £6.000.000 atau setara dengan Rp 108 Miliar. Ya, itu lah perkiraan dana yang harus disiapkan untuk sekali balap mobil F1 tiap sesinya. Wow!

Lebih detil lagi, untuk bagian Front Wing atau sayap depan mobil F1. Front Wing merupakan bagian yang paling sering rusak saat mobil mengalami tabrak depan. 

Apabila front wing mengalami kerusakan maka biaya penggantinya itu adalah £150.000 atau Rp 2.7 Miliar bila dirupiahkan. Biaya tersebut kalau dihitung-hitung bisa membeli sebuah mobil baru buatan Inggris Bentley Continental. 

Bagian lain yang tak luput memiliki harga tinggi saat perbaikan adalah under tray. Under tray meliputi knalpot belakang hingga bagian bawah mobil yang berhubungan dengan aerodinamis mobil F1. Kalau rusak biaya perbaikannya mencapai £58.000 atau kalau dirupiahkan mencapai Rp 1,05 miliar. Dengan uang sebanyak itu bahkan kita bisa membeli tiga buah jam tangan Rolex. 

Nah sedangan pada bagian yang cukup penting yakni Gearbox, itu tiap pergantiannya harus memakan dana sekitar £750.000 atau Rp 13,5 Miliar, loh. Belum lagi bila ternyata penyakit di mobil bukan pada penggerak melainkan mesinnya, wah bisa harus keluarkan sekitar £3.500.000 atau Rp 63 Miliar.

Sedangkan untuk bagian kecil yang tergolong murah seperti stir kemudi atau knalpot itu masing-masih dibanderol sekitar £50.000 dan £172.000 untuk knalpotnya. Untuk fitur telegraph yang berfungsi sebagai monitoring peforma kendaraan F1 yang terhubung langsung ke layar, mereka harus rela menyediajan £74.000 atau Rp 1.3 Miliar. Setara dengan All New Nissan GTR

Bila semuanya dijumlahkan (tidak termasuk pelumas, oli, dan bensin), setidaknya Honda atau Mclaren harus menyiapkan £6.000.000 atau Rp 108 Miliar dalam sekali balap pada satu mobilnya. 

Gimana Otolovers, sudah bikin geleng-geleng kepala?. (red)
 

SUMBER: DETIK




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video