Deklarasi Poros Hijau Indonesia

By Bermadah 13 Mar 2019, 18:05:51 WIB Riau
Deklarasi Poros Hijau Indonesia

BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - Poros Hijau Indonesia, Rabu (13/3/2019) sore menggelar kegiatan deklarasi dengan tema 'Hanya Pemerintahan Jokowi Yang Berani Redistribusi Lahan Untuk Rakyat' disebuah hotel di Pekanbaru.

Dengan dihadiri tamu undangan Staf Ahli Presiden Bidang Lingkungan dalam diskusi dan deklarasi, Abet Nego.

Disampaikan dalam deklarasi tersebut, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) akan melegalkan lahan warga yang masuk dalam kawasan hutan yang targetnya dalam tahun ini lebih kurang 900.000 hektare.

Diungkapkan Abet Nego, pernyataan tersebut tidak dalam rangka kampanye. Karena jauh jauh hari atau ketika baru saja Jokowi dilantik sebagai Presiden, dengan dibantu Wakilnya Jusuf Kalla (JK) sudah memanggil dirinya bersama 3 orang staf lain khusus membahas penanggulangan kabut asap.

"Ketika itu kami selaku staf di bidang lingkungan menyebut kebakaran lahan itu dipicu oleh pembukaan lahan dengan cara membakar. Parahnya lahan yang terbakar itu merupakan kawasan gambut," bebernya.

Dari bahasan itu, munculah Peraturan Pemerintah tentang Tata Kelola Gambut. "Boleh dibilang ini merupakan kebijakan lingkungan yang pertama pemerintahan Jokowi-JK," ucapnya.

Kebijakan itu tak berhenti di sini. Disebutkannya, setelah itu pemerintah Jokowi-JK mengeluarkan lagi Kebijakan Reformasi Agraria dan Tanah Obyek Reformasi Agraria (TORA) dan pelepasan Kawasan Perhutanan Riau.

"Di Riau sendiri pada tahun 2017 telah mengidentifikasi dan menetapkan potensi TORA seluas 800 ribu hektare yang akan dilepaskan dari kawasan hutan dan potensi perhutanan sosial seluas 1,4 juta hektate," pungkas Abet.(Fik)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video