Delegasi UKCC Bersama LSM Fitra dan Jikalahari Kunjungi Pelalawan

By Bermadah 08 Feb 2019, 20:15:04 WIB Pelalawan
Delegasi UKCC Bersama LSM Fitra dan Jikalahari Kunjungi Pelalawan

BERMADAH.CO.ID, PELALAWAN - 
Delegasi, perwakilan dari United Kingdom Climate Change (UKCC), Mr James Philip England, Mr Thomas Nils Kjolsen England
Mr Christoper Timothhy USA dan Mrs Elina Alexandra Franklin Canada, bersama LSM Fitra dan LSM Jikalahari berkunjung ke Kabupaten Pelalawan, Kamis (7/2/2019).

Kunjungan delegasi dari Inggris ini melihat dan memonitoring pelayanan publik yang diberikan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan terkait Transparansi Aggaran Dana Desa, Keterbukaan Informasi Publik dan Transparansi Tata Kelola Kehutanan. Bertempat di Aula Bappeda Pangkalan Kerinci. 

Delegasi, perwakilan dari United Kingdom Climate Change (UKCC) ini diterima langsung oleh Bupati Pelalawan HM Harris melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) M Syahul Syarif MSi didampingi oleh Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Perwakilan Propinsi Riau dan Asia Foundation serta LSM Jikalahari. 

Kepala Bappeda M Syahrul Syarif mengatakan, Pemkab Pelalawan saat sekarang sudah melaksanakan fungsi dalam mendukung keterbukaan informasi publik dimana transparansi itu sudah dilakukan seperti Transparansi dalam hal Aggaran Dana Desa, Keterbukaan Informasi Publik dan Transparansi Tata Kelola Kehutanan.

Penuturan ini sengaja dipaparkan oleh M Syahrul Syarif kepada tamunya sesuai maksud dan tujuan kunjungan Delegasi Perwakilan dari United Kingdom Climate Change tersebut.

M Syahrul Syarif melanjutkan, pemaparan aturan main informasi seperti apa yang patut untuk disampaikan dan mana yang tidak harus dibuka, jangan sampai hanya menduga dan membuat perkiraan ternyata apa yang difikirkan itu yang semestinya harus disampaikan ke publik.

“Perlu adanya aturan main dan penjelasan bagi kami di OPD jangan salah dalam memberikan informasi ini yang seharusnya tidak kita sampaikan ternyata itu informasi yang penting untuk diketahui publik,” pungkas Syahrul. 

Dikatakan M Syahrul, mengenai tata kelola kehutanan selama ini berjalan dengan baik karena dibantu berbagai masukan oleh FITRA, bagaimana pendekatan dimasukkan ke dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tentang tata kelola kehutanan. Dari Jikalahari terlihat Okto Yugo dan Aldo.

“Kita selalu intens untuk berdiskusi, mengawal kebijakan ini serta implementasi dan pengawasannya di lapangan, dan untuk tata kelola anggaran dana desa sendiri pembagiannya kita sesuaikan dengan kondisi lingkungannya di daerah,” jelasnya. 

Sementara itu, Manager Program dari Fitra Riau Taufik bersama Triono Kordinar LSM Fitra Riau, Usmansyah, juga mengakui program-program yang telah dibuat oleh pemerintah Kabupaten Pelalawan akan terus di monitoring atau mengawalnya di antaranya adalah tata kelola kehutanan, tata kelola anggaran dana desa dan keterbukaan Informasi Publik. Hubungan yang berjalan dengan baik sejak tiga tahun belakangan ini selalu kita berikan masukan dan pembinaan dalam perencanaan, impelementasi dan pengawasannya di lapangan. 

Sedangkan perwakilan dari UKCC Tom Blomley mengapresiasi tata kelola perencanaan, implementasi dan pengawasan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan, di dalam melaksanakan dan mendukung keterbukaan transparansi anggaran, perencanaan yang cukup baik ini selaras dengan RPJMD Pemerintah Daerah didalam melaksanakan pogramnya.

Hal ini disampaikan UKCC Tom Blomley dalam kekagumannya yang menilai antusiasnya Pemerintah daerah pelalawan mengelola keterbukaan informasi publik yang dia sadari di negaranya inggris belum ada kantor khususn tentang pelayanan keterbukaan informasi publik. Pelalawan cukup luas dengan hamparan hutan dan perkebunan sawitnya dengan tata kelola yang baik juga. 

Hadir dalam kesempatan tersebut Kadiskominfo yang diwakili oleh Sekretaris Hendri Gunawan, Kabid Informasi Masril, Kabid Pemdes, FITRA dan Asia Foundation.(EP/Ryan)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video