Dua Terduga Pelaku Penipuan Diamankan Dit Reskrimum Polda Riau
Modus Rental Mobil

By Bermadah 22 Okt 2018, 17:59:32 WIB Hukrim
Dua Terduga Pelaku Penipuan Diamankan Dit Reskrimum Polda Riau

Keterangan Gambar : Barang Bukti


BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - Dua terduga pelaku penipuan kendaraan roda empat berinisial TM (36) dan SS (28) terpaksa diamankan Subdit III Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Riau, Sabtu (20/10/2018).

Selain dua pelaku, petugas turut mengamankan 12 unit dari total 22 kendaraan roda empat yang digadaikan dengan bermoduskan merental.

"Modus awalnya merental mobil korban, kemudian digadaikan. Kita berhasil mengamankan di Pekanbaru," ungkap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau, Kombes Pol Hadi Purwanto melalui Kasubdit III, Kompol Gunar Rahadiyanto.

Dalam kasus penipuan ini, Gunar mengatakan tidak menutup kemungkinan akan bertambahnya jumlah kendaraan yang digadaikan. Karena sampai saat ini pihak kepolisian masih melakukan upaya penelusuran terhadap korban lainnya.

Dari keterangan kedua pelaku penipuan tersebut, mereka baru mengatakan memulainya sejak bulan Agustus 2018.

Sementara itu, untuk peran yang diemban oleh kedua pelaku yakni pelaku SS berperan sebagai orang yang mengajukan permohonan rental ke usaha rental di Pekanbaru.

Setelah 'melobi' untuk merental, pelaku SS langsung menyerahkan uang rental kepada pemilik usaha rental yang menjadi korban.

Sementara, untuk pelaku TM berusaha untuk menggadaikan mobil yang sudah dirental oleh pelaku SS. "Upah yang diterima pelaku TM Rp50 ribu per satu mobilnya," sambung Gunar.

Lebih lanjut, mobil rental ini dibayar persepuluh hari. Dan uang hasil gadai digunakan untuk membayar sewa / rental mobil kepada pemilik usaha.

Tetapi tidak berjalan lama, perbuatan kedua pelaku ini berhasil diendus oleh pihak kepolisian setelah pelaku SS kehabisan uang dan pemilik usaha rental mencarinya.

"Korban sudah berkoordinasi dengan kita awalnya. Kedua pelaku saat ini sudah diamankan untuk penyidikan dan pengembangan lebih lanjut," tegasnya.

Untuk jenis-jenis mobil yang dirental serta digadaikan yakni Daihatsu Terios, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Toyota Avanza, Daihatsu Sigra.

Kepada dua pelaku, mereka dikenakan tentang penipuan dan penggelapan.(fik)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video