Eksepsi Kades Siago Ditolak JPU
Tunggu Putusan Sela

By Bermadah 09 Feb 2019, 02:54:29 WIB Hukrim
Eksepsi Kades Siago Ditolak JPU

BERMADAH.CO.ID, PELALAWAN - Jaksa Penuntut Umum dari Kejari Pelalawan menolak seluruh materi eksepsi yang diajukan terdakwa Kepala Desa (kades) Sialang Godang (Siago) Arianto alias Ari (38). Dan tetap pada dakwaan kalau Kades Siago terlibat kasus pembunuhan aktivis Daud Hadi (56).

Baca Juga: Sidang Pembunuhan Aktivis Daud Hadi, Kades Siago Ajukan Eksepsi Bebas

Pembacaan nota tanggapan atas eksepsi terdakwa yang diajukan oleh tim Penasehat Hukumnya pada persidangan sebelumnya, langsung disampaikan oleh JPU Nofwandi SH didampingi Marthalius SH, di Pengadilan Negeri (PN) Pelalawan, Kamis (7/2/2019) sore lalu.

Sementara, sidang dipimpin oleh Majelis hakim, Melinda Aritonang SH di dampingi dua hakim angggota Rahmad Hidayat Batu bara SH MH dan Nurrahmi SH MH.

Dipaparkan JPU Nofwandi, setelah menelaah dengan seksama atas eksepsi atau keberatan penasehat hukum terdakwa, memohon kepada majelis hakim PN Pelalawan untuk memutuskan dan menolak seluruh keberatan PH terdakwa Arianto.

Karena surat dakwaan tersebut adalah benar dan sah, menurut hukum karena telah, memenuhi persyaratan formil maupun persyaratan materil surat dakwaan sebagaimana ditetapkan dalam pasal 143 ayat (2) huruf adan b KUHP.

''Memohon kepada majelis hakim untuk menolak eksepsi terdakwa Arianto dan menyatakan melanjutkan pemeriksaan perkara atas nama Arianto dengan dasar surat dakwaan,'' ujar Nofwandi.

Usai mendengarkan tanggapan JPU, atas eksepsi terdakwa Kades Siago, ketua majelis hakim menunda sidang pekan depan, dengan agenda putusan sela.

Sedangkan pada sidang sebelumnya, tim PH terdakwa, Yasmar SH, MH, Efwa Zennur, SHI, dan Ananda Nurul Umi, SH dalam eksepsi merasa keberatan, karena dakwaan tidak sesuai standar dan tak jelas keterlibatan terdakwa Arianto selaku Kades dalam kasus pembunuhan tersebut.

Dakwaan yang dinilai kabur, maka Tim PH terdakwa meminta majelis hakim untuk membebaskan kliennya, dari segala tuduhan dan dakwaan Jaksa Penuntut Umum.

Dalam perkara yang sama, untuk sidang terdakwa Temi Supriadi alias Temi (29) Sekdes sebagai terduga otak pelaku dan Syafri alias Isap (33) selaku eksekutor batal digelar. Setelah saksi yang diminta hadir oleh JPU, batal datang.(EP)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video