Hadapi Rusia, Ukraina Minta Bantuan NATO

By Bermadah 30 Nov 2018, 02:20:20 WIB Internasional
Hadapi Rusia, Ukraina Minta Bantuan NATO

Keterangan Gambar : Kapal Ukraina di Laut Hitam. (Foto: Reuters/Yevgeny Volokin), cnnindonesia


BERMADAH.CO.ID, UKRAINA - Presiden Ukraina, Petro Poroshenko meminta bantuan anggota NATO, termasuk Jerman, dalam menghadapi Rusia. NATO diharapkan mengirimkan kapal-kapal angkatan laut ke Laut Azov buat mendukung Ukraina menghadapi konflik dengan Rusia.

Jerman, salah satu negara sekutu Ukraina, diharapkan dapat memberikan bantuan, berupa kapal-kapal angkatan laut.

"Jerman merupakan salah satu sekutu terdekat kami, dan kami berharap negara-negara yang tergabung dalam NATO siap mengirimkan kapal-kapal angkatan laut ke Laut Azov untuk membantu Ukraina dan menyediakan keamanan," ucap Poroshenko kepada harian Jerman, Bild.

Poroshenko menuduh Rusia "tidak menginginkan apapun selain menguasai laut".

"Kami tidak dapat menerima kebijakan agresif Rusia. Awalnya Krimea, kemudian timur Ukraina, dan sekarang dia menginginkan Laut Azov," kata Poroshenko.

"Jerman juga harus bertanya pada negaranya sendiri, Apa yang sanggup dilakukan Putin selanjutnya jika kita tidak menghentikannya?," ucap Poroshenko pada hari di mana Perdana Menteri Ukraina Volodymyr Groysman mengunjungi Berlin.

Beberapa waktu lalu, pihak Rusia telah menembaki dan kemudian menyita tiga kapal Ukraina, dan menuduh kapal itu masuk secara ilegal ke perairannya di Laut Azov. Hal ini menimbulkan ketegangan antara Rusia dan Ukraina.

Sementara, Pemimpin NATO, Jens Stotlenberg, pada Senin menuntut Rusia membebaskan kapal dan pelaut Ukraina, dengan memperingatkan bahwa tindakan yang sudah dilakukan memunculkan konsekuensi besar.(***)

Sumber : cnnindonesia.com




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video