Halau Pesawat Bom Rusia, Jet Tempur AS dan Canada Dikerahkan

By Bermadah 10 Agu 2019, 03:01:25 WIB Internasional
Halau Pesawat Bom Rusia, Jet Tempur AS dan Canada Dikerahkan

Keterangan Gambar : Ilustrasi.(Anna Zvereva via Wikimedia Commons (CC-BY-SA-2.0). cnnindonesia


BERMADAH.CO.ID, AMERIKA SERIKAT - Untuk menghalau pesawat bom jarak jauh milik Rusia, jet tempur Amerika Serikat dan Canada dikerahkan. Hal ini dilakukan karena dianggap mencoba memasuki kawasan Pantai Alaska, Kamis kemarin.

Diberitakan, Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara (NORAD) melaporkan, dua jet F-22 AS dan dua pesawat tempur CF-18 Kanada dikerahkan untuk mengadang pesawat bom Rusia Tu-95 Bear saat mereka berhasil memasuki wilayah Alaska, AS, dan Zona Identifikasi Pertahanan Udara Kanada yang berjarak 200 mill dari barat pantai Alaska. 

Dilansir CNN, pencegatan ini terjadi di tengah peliknya hubungan AS dan Rusia. Padahal, pesawat Rusia tersebut masih berada di wilayah udara internasional dan sebelumnya tidak pernah memasuki wilayah kedaulatan AS maupun Kanada. 

Sementara, sejumlah pejabat AS juga mengatakan pesawat Rusia itu telah melintas beberapa kali dalam setahun di daerah tersebut dalam beberapa tahun terakhir. Namun, mereka berhasil diadang oleh jet milik AS dan Kanada sebagai bagian dari pasukan NORAD. 

"Prioritas utama NORAD adalah melindungi Kanada dan AS. Pengendali NORAD mengidentifikasi dan mengadang pesawat Rusia yang terbang di dekat wilayah negara kami," ujar komandan NORAD Terrence J. O'Shaughnessy. 

Terkait hal itu, pihak militer Rusia menganggap pencegatan yang dilakukan AS tersebut tidak aman. 

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump sempat mengumumkan niatnya untuk memperbaiki hubungan Washington dengan Moskow. Namun, kedua negara nyatanya masih "berselisih" terkait beberapa hal. Di antaranya soal isu geopolitik, termasuk keberadaan Rusia terhadap Semenanjung Krimea, dugaan campur tangan Rusia dalam pemilu AS, dan serangan racun terhadap seorang mantan mata-mata agen Rusia di Inggris. 

Beberapa waktu lalu diberitakan, sebuah pesawat E-3, dua pesawat tempur F-22 milik AS dan dua pesawat tempur CF-18 Kanada juga berhasil mengidentifikasi dua pesawat bom Tu-160 Blackjack milik Rusia yang dianggap memasuki wilayah Identifikasi Pertahanan Udara Kanada.

Bahkan, pihak AS sempat menuduh pilot-pilot Rusia kurang profesional dan melakukan penerbangan yang tidak aman ketika pesawat kedua negara itu melakukan penerbangan di wilayah udara internasional dekat pantai Rusia.(***)

Sumber: cnnindonesia.com




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video