Indonesia-Brazil Terapkan Kebijakan Bebas Visa

By Bermadah 12 Mei 2018, 00:11:46 WIB Internasional
Indonesia-Brazil Terapkan Kebijakan Bebas Visa

Keterangan Gambar : Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Brazil Aloysio Nunes Ferreira menandatangi kesepakatan bebas visa dalam pertemuan yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/5/2018). (Foto/Sindonews/Viktor Maulana)


BERMADAH.CO.ID, BOGOR - Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin pelesiran ke Brazil atau sebaliknya, kini bisa bepergian tanpa harus menggunakan visa. Karena, kedua negara telah sepakat untuk menerapkan kebijakan bebas visa.

Kesepakatan itu dicapai saat terjadi pertemuan antara Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Brazil Aloysio Nunes Ferreira di Bogor, Jawa Barat. Bebas via merupakan salah satu dari tiga kesepakatan yang dicapai dalam pertemuan tersebut.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menyebutkan, tiga kesepakatan itu di antaranya bebas visa untuk pemegang paspor diplomatik dan dinas, lalu nota kesepahaman mengenai pembebasan visa untuk pemegang paspor biasa dan ketiga adalah peningkatan kerja sama teknis.

Untuk bebas visa bagi pemegang paspor biasa akan mulai aktif pada pertengahan Juni mendatang. "Kesepakatan ini akan aktif 30 hari setelah ditandatangani," kata Retno ditemui usai pertemuan dengan Ferreira, Jumat (11/5/2018).

Retno kemudian menyatakan, dalam pertemuan dengan Ferreira dirinya juga membahas peningkatan kerja sama dalam hal perdagangan, pertanian, dan people to people contact. Keduanya juga membahas mengenai isu-isu kerja sama multilateral dan regional yang menjadi perhatian bersama. 

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda itu menambahkan, dalam pertemuan tersebut, Ferreira juga menyampaikan permohonan maaf atas batalnya kunjungan Presiden Brazil ke Indonesia. 

"Menlu Brasil menyampaikan ucapan maaf dari Presiden Brasil kepada Presiden Jokowi. Ia juga akan mengunjungi Thailand, Hanoi dan Singapura karena memang rencananya Presiden Brasil akan tur Asia," ucapnya. Demikian dilansir Sindonews. (red)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video