Kasus Sembako Oknum Caleg di Rohil, Sentra Gakkumdu Bawaslu Riau Lakukan Pendampingan

By Bermadah 07 Nov 2018, 20:41:00 WIB Rohil
Kasus Sembako Oknum Caleg di Rohil, Sentra Gakkumdu Bawaslu Riau Lakukan Pendampingan

Keterangan Gambar : Foto : Dok/Bawaslu Riau


BERMADAH.CO.ID, ROHIL - Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan didampingi tim penyidik Kejati dan Polda Riau yang tergabung dalam tim Sentra Gakkumdu Bawaslu Riau turun ke Rohil untuk melakukan Supervisi dan pendampingan atas penanganan kasus duagaan money pokitik yang diduga dilakukan oleh oknum caleg salah satu parrai politik di Rokan Hilir. 

Dalam siaran pers yang diterima redaksi Bermadah.co.id, Rabu (7/11/2018), Rusidi Rusdan mengatakan "Bawaslu saat ini dihadapkan pada tantangan untuk membuktikan peran dan eksistensi strategisnya mengawal pemilu yang berintegritas dan terpercaya bagi kemajuan bangsa".

Dikatakan Rusidi dalam siaran persnya, beraitan dengan kasus ini, Sentra Gakkumdu Bawaslu Rohil masih mendalami kasus bagi-bagi sembako yang dilakukan salah seorang caleg anggota DPRD Rohil tersebu. 

Pendalaman yang dilakukan meminta keterangan terhadap saksi-saksi yang menerima pemberian sembako, setelah itu tim akan meminta pendapat Ahli dari KPU Riau dan Ahli Hukum Pidana termasuk juga meminta keterangan kepada Ketua dan Sekwan DPRD Rohil, terakhir baru meminta klarifikasi terhadap terduga oknum caleg itu, baru dapat disimpulkan apakah perbuatannya termasuk pelanggaran atau tidak.

"Yang jelas kasus ini akan terus kita pantau karena sudah jadi konsumsi publik, supaya hasilnya transparan dan akuntabel sesuai dengan undang-undang yang berlaku," ujarnya.

Disampaikan, dalam siaran pers itu, sebagaimana diketahui kasus ini bergulir dari temuan Bawaslu Rohil, setelah sebelumnya beredar foto mirip oknum caleg DPRD Rohil yang memberikan (bantuan) sejumlah barang sembako di antaranya berupa beras, susu kaleng, gula dan bubuk teh kepada  masyarakat di Kepenghuluan Karya Mulyo Sari Kecamatan Pekaitan beberapa waktu yang lalu.

Menurut Rusidi, pihak Bawaslu juga akan memanggil oknum caleg itu untuk mengetahui apa motifnya, serta apakah ada pidana pemilu terkait hal itu.

Rusidi, Ketua Bawaslu Riau yang juga kandidat doktor UIN Suska Riau ini mengimbau kepada seluruh caleg agar ke depannya, penyerahan bantuan bencana seperti ini lebih berhati-hati karena adanya ketentuan pidana dalam Undang-Undang Pemilu yang bisa menjerat para pelakunya jika melanggar aturan.(***)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video