Kecamatan Rumbai akan Kembangkan Pertanian Berbasis IT
Bekerjasama dengan Unilak

By Bermadah 30 Okt 2018, 16:16:58 WIB Pekanbaru
Kecamatan Rumbai akan Kembangkan Pertanian Berbasis IT

Keterangan Gambar : Plt Camat Rumbai Vemi Herliza


BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau, bakal mengembangkan pertanian berbasis Informasi Teknologi (IT) bekerjasama dengan Universitas Lancang Kuning (Unilak).

Pelaksana tugas (Plt) Camat Rumbai Vemi Herliza menyebutkan, dalam kerjasama yang kini tengah diprogramkan itu, aplikasi IT menggunakan android atau telepon pintar akan dirancang pihak Unilak.

"Sementara kita hanya menyiapkan lahan dan SDM (sumber daya manusia). Untuk lahannya kita siapkan di Kelurahan Agrowisata," kata Vemi, dalam silaturahmi bersama Forum Pewarta Pekanbaru (Fortaru) di rumah makan Ayam Remuk Pak Tisto, Jalan Yossudarso, Rumbai Pesisir, Selasa (30/10/2018) siang.

Nantinya, terang dia, petani tak mesti menyiram tanaman secara manual, tetapi bisa melalui aplikasi android yang sudah terkoneksi dengan alat pertanian yang dirancang khusus pihak Unilak guna menunjang pertanian berbasis IT tersebut.

"Tidak hanya untuk menyiram saja, memupuk juga bisa. Jadi ketika kita sibuk di luar, maka penyiraman bisa dilakukan melalui aplikasi android yang sudah dirancang. Untuk media tanam sendiri menggunakan polybag," ujarnya.

Menurut Vemi, pengembangan pertanian berbasis IT itu sesuai dengan program Walikota Pekanbaru mewujudkan Pekanbaru Smart City yang Madani.

"Intinya, kita memanfaatkan kecanggian teknologi yang ada menuju Pekanbaru Smart City," tutupnya.

Di tempat yang sama, Lurah Agrowisata Tengku Refli menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan lahan lebih kurang 3 hektar untuk lokasi pengembangan pertanian berbasis IT tersebut.

"Lahan yang kita siapkan terdapat di kawasan RW 05. Hanya saja, lahannya tidak berada di satu titik, tapi banyak titik yang luasnya kita perkirakan sekitar 3 hektar," ungkapnya.

Tengku Refli berharap, dengan pengembangan pertanian berbasis IT itu bisa mempercepat pembentukan Kelurahan Agrowisata menjadi objek wisata pertanian di Kota Pekanbaru. "Untuk itu kita sangat menyambut baik kerjasama Pemerintah Kecamatan Rumbai dengan Unilak ini," tutup dia. (abd) 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video