Kelurahan Tobek Godang Sudah Deklarasi Stop BABS

By Bermadah 29 Mar 2018, 23:36:45 WIB Pekanbaru
Kelurahan Tobek Godang Sudah Deklarasi Stop BABS

Keterangan Gambar : Pemasangan spanduk 'Kelurahan Tobek Godang adalah kelurahan yang telah deklarasi stop BABS sejak 2017' dari Dinas Kesehatan, di kantor lurah setempat, Kamis (29/3/2018).


BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Tampan, merupakan salah satu kelurahan di Kota Pekanbaru yang sudah mendeklarasikan stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Lurah Tobek Godang Yasir Arafat menyebutkan, deklarasi stop BABS di kelurahan yang baru dimekarkan itu sudah dilakukan sejak 2017 lalu.

"Karena kita sudah deklarasi stop BABS, sekarang dilakukan pemasangan spanduk oleh Dinas Kesehatan Pekanbaru," ungkapnya, usai menerima spanduk bertuliskan 'Kelurahan Tobek Godang adalah kelurahan yang telah deklarasi stop BABS sejak 2017' dari Dinas Kesehatan, Kamis (29/3/2018).

Yasir mengatakan, deklarasi stop BABS merupakan bentuk kepedulian pihaknya  terhadap lingkungan yang bersih sekaligus untuk mendukung program Kementerian Kesehatan RI menuju 100 persen akses sanitasi Indonesia pada 2019.

Deklarasi stop BABS sendiri bertujuan mendorong masyarakat meninggalkan perilaku berisiko melalui peningkatan sanitasi yang layak.

Ada empat kategori penyakit yang ditimbulkan dari BABS terkait dengan air. Pertama, air minum yang mengandung patogen mengakibatkan penyakit diare. Kedua, kurangnya air higienis untuk mandi dan mencuci menyebabkan penyakit jamur atau kudis. 

Ketiga, bibit penyakit yang memiliki siklus hidup melalui air seperti Schistosomiasis. Keempat, vektor yang hidupnya bergantung pada air, seperti malaria dan demam berdarah. (abd)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video