Lagi, Bank Riau Kepri Raih Trusted Company Based on CGPI
Pada Ajang Indonesia Most Trusted Company Award 2018

By Bermadah 23 Des 2018, 14:05:26 WIB Ekonomi
Lagi, Bank Riau Kepri Raih Trusted Company Based on CGPI

Keterangan Gambar : Chairman The Indonesian Institute For Corporate Governance (IICG) Gendut Suprayitno menyerahkan langsung Award Trusted Company Based on Corporate Governance Perception Index (CGPI) pada ajang Indonesia Most Trusted Companies Award 2018 kepada Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Eka Afriadi di Ballroom C Hotel Shangri-la Jakarta, Rabu (19/12/18) kemarin.(Dok.BRK)


BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - Lagi, Bank Riau Kepri meraih Trusted Company Based on Corporate Governance Perception Index (CGPI) pada ajang Indonesia Most Trusted Companies Award 2018 yang diselenggarakan oleh Indonesia Institute For Corporate Governance (IICG) bekerjasama dengan Majalah SWA di Ballroom C Hotel Shangri-la Jakarta, Rabu (19/12/18) kemarin.

Disampaikan, penghargaan level nasional ini diserahkan langsung oleh Chairman The Indonesian Institute For Corporate Governance (IICG) Gendut Suprayitno kepada Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Eka Afriadi. Dari 27 Bank Pembangungan Daerah yang ada di Indonesia, hanya ada 3 BPD yang mendapatkan status sebagai The Trusted Companies yaitu Bank Riau Kepri, Bank DKI dan Bank Jateng. Demikian siaran pers Bank Riau Kepri yang diterima redaksi Bermadah.co.id.

Penghargaan yang diraih bank berlogo tiga layar terkembang ini juga diberikan kepada perusahaan nasional lainnya seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, BCA, BTN, Bank OCBC NISP, PT. Angkasa Pura II, PT Bank SyariahMandiri, PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk.

Setiap perusahaan peserta CGPI wajib mengikuti dua tahapan penilaian. Tahapan tersebut adalah analisis instrumen dan dokumen, yang dilakukan dengan metode pengisian kuesioner (self assessment) serta penilaian kelengkapan dan kecukupan dokumen perusahaan. Kemudian, tahapan observasi melalui paparan eksekutif dan diskusi dengan organ perusahaan.

Sementara, aspek penilaian CGPI mencakup struktur governansi (governance structure), proses governansi (governance process) dan hasil governansi (governance output).

Selanjutnya, fokus penilaian pada CGPI memperhatikan berbagai sistem dan mekanisme yang digunakan organ perusahaan dalam mengelola perubahan model bisnis untuk menjamin pertumbuhan yang menciptakan nilai bagi para pemangku kepentingan (stakeholders) dan mewujudkan keberlanjutan perusahaan.

Pemeringkatan CGPI disusun berdasarkan nilai yang diperoleh oleh masing=masing peserta sesuai dengan rentang skor untuk masing-masing kategori tingkat kepercayaan, yaitu kategori sangat terpercaya (the most trustedc), terpercaya (the trusted) dan cukup terpercaya (the fair trusted).

Program riset dan pemeringkatan CGPI ini menghasilkan 12 perusahaan dengan peringkat sangat terpecaya (the most trusted) dan 26 perusahaan terpercaya (the trusted) termasuk Bank Riau Kepri.

Gendut Supriyitno selaku Chairman IICG mengatakan, pemberian penghargaan ini sudah dimulai sejak tahun 2001 sampai saat ini dan sudah berjalan selama 17 tahun. Pada tahun 2018 ini dan mengangkat tema “Transformasi Model Bisnis dalam Kerangka Good Corporate Governance (GCG).

Lebih lanjut ia menyampaikan, IICG konsisten mendorong dan membantu perusahaan untuk selalu bisa menerapkan prinsip GCG.
 
Ditemui usai acara, Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Eka Afriadi sangat bangga dengan pencapaian ini. Ia menjelaskan, penghargaan ini merupakan wujud karya dari segenap insan Bank Riau Kepri yang terdiri dari Jajaran Komisaris, Jajaran Direksi dan seluruh lapisan pegawai Bank Riau Kepri yang telah bahu membahu dan komit untuk terus berkinerja bagus dan termasuk dukungan dari para pemegang saham dan para stakeholder lainnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Pemimpin Divisi Kepatuhan Ikhwan, PindeskCorsec Winovri dan Pinbag Kepatuhan Ahmad Rifa’i.(***)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video