Massa Rompi Kuning Kembali Berunjuk Rasa di Prancis

By Bermadah 09 Des 2018, 01:35:33 WIB Internasional
Massa Rompi Kuning Kembali Berunjuk Rasa di Prancis

Keterangan Gambar : Demonstran Gerakan Rompi Kuning di Paris, Prancis. Foto : (Lucas BARIOULET/AFP)


BERMADAH.CO.ID, PRANCIS - Massa gerakan atau kelompok rompi kuning kembali berunjuk rasa di Prancis, Sabtu (8/12/2018). Demonstran yang diperkirakan aparat lebih seribu orang itu terlibat bentrok dengan polisi anti huru-hara di Ibu Kota, Paris. Unjuk rasa besar-besaran oleh massa rompi kuning ini sebagai wujud kesetiakawanan terhadap kelas pekerja dan rakyat jelata.

Baca juga : Akhir Pekan Ini, Kelompok Rompi Kuning Prancis Kembali akan Unjuk Rasa

Polisi anti huru-hara mencoba membubarkan massa dengan gas air mata. Namun, karena kalah jumlah, mereka terpaksa mundur. Untuk menghalau massa, aparat juga menempatkan sejumlah kendaraan meriam air di sekitar Arc de Triomphe.

Mereka memblokir jalan dan depot bahan bakar sejak hari pertama menggelar aksi demo pada 17 November lalu.

Namun, para pengunjuk rasa juga ternyata memiliki tujuan yang berbeda. Mereka bisa bersatu dan bergerak tanpa pemimpin. Padahal, aksi mereka digalang melalui media sosial.

Beberapa tetap menuntut diturunkannya pajak bahan bakar dan beban keuangan lain. Mereka menilai keluarga dengan penghasilan rendah harus menanggung beban.

Sedangkan pendemo lainnya berpandangan politis dengan menuntut Macron mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Prancis.

Sehubungan dengan aksi unjuk rasa tersebut, pihak Kepolisian Paris menangkap ratusan orang peserta demo gerakan Rompi Kuning di Paris, Prancis akhir pekan ini. Penangkapan dilakukan karena pemerintah Prancis khawatir aksi ini berubah menjadi kekerasan dan kriminal.(***)

Sumber : cnnindonesia.com

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video