MPC PP Kota Pekanbaru Ajak Pemuda Junjung Tinggi Nilai-Nilai Pancasila

By Bermadah 09 Okt 2019, 20:46:47 WIB Pekanbaru
MPC PP Kota Pekanbaru Ajak Pemuda Junjung Tinggi Nilai-Nilai Pancasila

BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - pada 28 Oktober nanti bangsa Indonesia akan merayakan momen bersejarah, Hari Sumpah Pemuda. Perayaan ini sangat spesial bagi para remaja dan juga organisasi kepemudaan di seluruh tanah air.

Bangsa dan rakyat Indonesia harus memaknai hari Sumpah Pemuda yang pada 28 Oktober 1928 para pemuda saat itu berkumpul dan berkomitmen ingin bersatu demi Indonesia. 

Mereka pun mengikrarkan 3 hal yaitu Bertanah Air Satu Tanah Air Indonesia, Berbangsa Satu Bangsa Indonesia dan Berbahasa Satu Bahasa Indonesia.

Ke tiga hal itu semangatnya harus dimiliki oleh setiap pemuda dan pemudi Indonesia. Harus pula memahami cara memaknai agar memiliki rasa nasionalisme yang selalu tinggi.

Selaku organisasi kepemudaan,  Pemuda Pancasila (PP) adalah garda terdepan membentuk atau mewujudkan terlaksananya Sumpah Pemuda ini agar bisa dipertahankan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Sekretaris MPC Pemuda Pancasila Kota Pekanbaru Mustakim JM SPd MPd, dalam wawancaranya mengajak semua Pemuda Pemudi untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila.

Seperti, sebutnya, menjaga kedaulatan negara, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dan mewujudkan pemuda yang tangguh. "Dalam Sumpah Pemuda jelas terlihat bahwa kita sebagai pemuda haruslah selalu bersatu demi bangsa Indonesia," kata Mustakim.

"Jadi tentu saja hal termudah yang bisa kita lakukan untuk memaknai Sumpah Pemuda adalah dengan menghilangkan sifat egois seperti selalu merasa menjadi seseorang yang paling benar dan paling baik," ucapnya.

Pemuda, ungkapnya, juga harus menghormati orang lain meskipun mereka dari suku ataupun dari agama yang berbeda. 

"Dengan cara selalu menghormati itu, tentunya orang lain adalah sebangsa dan setanah air Indonesia dengan kita," terang dia.

Mustakim mengajak untuk berjuang bersama-sama agar Indonesia semakin maju seperti yang diinginkan oleh para pemuda yang telah merumuskan Sumpah Pemuda.

Dilanjutkannya, makna lain adalah semangat para pemuda dulu yang ditanamkan untuk kemajuan Indonesia. 

"Salah satu caranya adalah dengan selalu rajin belajar agar nantinya kita bisa siap menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas," jelas Mustakim.

"Kita memiliki kemampuan di bidang yang berbeda-beda.Jadi, sebaiknya kita mempelajari bidang yang kita sukai tersebut, sehingga nantinya kita bisa berjuang untuk Indonesia dari bidang masing-masing," jelasnya. 

Dikatakan Mustakim, salah satu poin penting dalam isi Sumpah Pemuda adalah Berbahasa Satu Bahasa Indonesia. "Jadi, tentunya kita harus selalu menghargai bahasa pemersatu bangsa kita ini. Jangan pula lupakan bahasa nasional kita, Bahasa Indonesia," ungkapnya.

Sekretaris MPC PP Kota Pekanbaru Mustakim berharap pada tanggal 28 Oktober mendatang pihaknya mengajak seluruh Pemuda Pemudi kembali menggelorakan semangat juang dalam hal mewujudkan pemuda yang tangguh dan berdedikasi.

MPC PP Kota Pekanbaru juga mengajak untuk menjadikan Pemuda Pemudi yang selalu berkarya bagi negara dan Pemerintah, serta mendukung program-program pemerintah Pro Rakyat.

"Kita juga selaku Pemuda Pemudi siap memberikan kritikan kepada pemerintah apa bila program Pemerintah yang tidak sesuai dengan Undang-Undang," tegas Mustakim.

Sementara, Ketua MPC PP Kota Pekanbaru Iwan Pansa menegaskan dan mengajak seluruh Pemuda Pemudi terutama bagi seluruh kader simpatisan Pemuda Pancasila bersama menggelorakan semangat juang serta menunjukkan bahwa Pemuda Pemudi saat ini siap dalam segala bidang.

"Saya mengajak kepada seluruh simpatisan Pemuda Pancasila dan  para Pemuda Pemudi yang ada di Kota Pekanbaru, 'mari kita satukan tekat wujudkan Kota Pekanbaru menjadi kota terbesar'," kata Iwan Pansa.

Iwan Pansa juga meminta agar menunjukkan bahwa Pemuda Pemudi saat ini bisa berkarya untuk negeri, terutama di Bumi Lancang Kuning ini.

"Tunjukkan bahwa Pemuda Pemudi saat ini bisa berkarya untuk negeri, terutama di bumi Lancang Kuning ini," pungkas Iwan Pansa.(***)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video