PBB Selidiki Pembantaian Warga Palestina di Gaza

By Bermadah 20 Mei 2018, 00:32:14 WIB Internasional
PBB Selidiki Pembantaian Warga Palestina di Gaza

Keterangan Gambar : Tentara Israel menangkap pemuda Palestina saat aksi protes di Jalur Gaza. Foto/Net


BERMADAH.CO.ID, JENEWA - Dewan HAM PBB menyetujui pengiriman tim penyelidik guna menyelidiki penembakan mematikan oleh tentara Israel terhadap demonstran Palestina di Jalur Gaza.

Hal itu sesuai hasil voting yang dilakukan Dewan HAM PBB. Dari 47 anggota, hanya Amerika Serikat (AS) dan Australia yang menentang resolusi tersebut. Sebanyak 29 suara mendukung dan 14 abstain, termasuk Inggris, Swiss dan Jerman.

Duta besar AS untuk PBB, Nikki Haley mengecam keputusan itu, dan menyebutnya sebagai hari yang memalukan bagi hak asasi manusia.

"Pada saat ketika Venezuela bergerak menuju kediktatoran, Iran memenjarakan ribuan lawan politik, dan pembersihan etnis telah terjadi di Myanmar, yang disebut Dewan Hak Asasi Manusia PBB telah memutuskan untuk meluncurkan penyelidikan ke dalam negara demokrati yang mempunyai legitimasi mempertahankan perbatasannya sendiri terhadap serangan teroris," kata Haley seperti dikutip dari AFP, Sabtu (19/5/2018).

Resolusi itu mengatakan tim investigasi harus menyelidiki semua dugaan pelanggaran dan penyalahgunaan kekuataan dalam konteks serangan militer terhadap aksi protes besar-besaran warga sipil yang dimulai pada 30 Maret 2018, termasuk yang kemungkinan menjadi kejahatan perang.

Sesi khusus PBB datang setelah enam minggu aksi protes massa dan bentrokan di sepanjang perbatasan Gaza yang melibatkan para pengungsi Palestina yang menuntut hak untuk kembali ke bekas rumah mereka di dalam wilayah apa yang sekarang menjadi Israel.

Kekerasan telah menewaskan lebih dari 100 warga Gaza dan ribuan lainnya terluka dalam satu hari protes yang bertepatan dengan relokasi kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem pada awal pekan ini. Demikian dilansir Sindonews. (red)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video