Pemprov Riau akan Berlakukan Penghapusan Denda Pajak Kendaraan
15 Oktober 2019-14 Desember 2019

By Bermadah 07 Okt 2019, 21:51:56 WIB Riau
Pemprov Riau akan Berlakukan Penghapusan Denda Pajak Kendaraan

Keterangan Gambar : Foto: Dok. mediacenter.riau.go.id


BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU -  Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyampaikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan memberlakukan penghapusan denda pajak dan bea balik nama kendaraan bermotor. Kebijakan itu tertuang dalam Peraturan Gubernur yang akan diberlakukan pada 15 Oktober 2019 hingga 14 Desember 2019. 

Program atau kebijakan penghapusan denda pajak tersebut dimaksudkan untuk meringankan beban masyarakat dalam menunaikan kewajiban pajaknya yang tertunda.

Selain itu, melalui program ini, Gubernur Riau mengharapkan akan dapat lebih mengoptimalkan penerimaan perpajakan daerah, khususnya PKB dan BBNKB II.

Program pemutihan denda pajak ini juga bertujuan untuk memperoleh data aktual objek pajak melalui pemutakhiran data kendaraan. 

"Tentunya kita harapkan melalui penghapusan denda pajak dan bea balik nama kendaraan bermotor dapat memberikan kesempatan sekaligus meringankan kepada masyarakat membayar kewajibannya pajak kendaraan dan bea balik nama," kata Gubri, Senin (7/10/19).

Dalam imbauannya Gubernur Riau mengajak masyarakat khususnya yang memiliki tunggakan pajak kendaraan bermotor maupun bea balik nama kendaraan bermotor dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya.

Sementara, Kepala Bapenda Provinsi Riau Indra Putrayana menjelaskan, bahwa pemberlakukan penghapusan denda pajak tersebut diberikan kepada wajib pajak kendaraan bermotor R2, R4. Termasuk kendaraan milik pemerintah, angkutan umum, dan alat berat/alat besar.

Adapun denda yang akan dihapuskan adalah akibat keterlambatan pembayaran PKB dan BBNKB II. Wajib pajak cukup melunasi pokok pajak saja sedangkan seluruh denda yang timbul hingga berakhirnya program ini dihapuskan.

Sehubungan dengan pelayanan penghapusan denda ini, masyarakat dipersilahkan menghubungi unit-unit pelayanan SAMSAT terdekat, termasuk Samsat Keliling, dan Gerai SAMSAT Mall Pelayanan Publik Pekanbaru.(***)

Sumber: mediacenter.riau.go.id




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video