Pengembangan Sektor Pariwisata Picu Pertumbuhan UMKM

By Bermadah 26 Des 2018, 18:08:00 WIB Budpar
Pengembangan Sektor Pariwisata Picu Pertumbuhan UMKM

PEKANBARU-Sektor pariwisata terus dikembangkan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Ini tentunya bisa membawa angin segar bagi pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Pekanbaru.

Hal ini terungkap pada kegiatan Tourism Outlook 2019, dalam kegiatan diskusi dengan tema "Membangun Kerangka Berfikir Kepariwisataan pada masyarakat", Rabu (26/12/2018), di Taman Pancing dan Rekreasi Alamayang, Kota Pekanbaru.

Pada kegiatan yang dihadiri seratusan peserta tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Pekanbaru yang diwakili Ardiyansyah, Ketua Bidang OKK PWI Bambang Irawan, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STP Riyono Gede Trisoko, Ketua AJOI Pekanbaru Mashuri Kurniawan, Rumah Pariwisata, perwakilan Dispora dan masyarakat Pekanbaru yang perduli dengan Kepariwisataan, blogger, UMKM, dan wartawan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Pekanbaru, Ardiansyah mengatakan, UMKM dan Pariwisata memang memiliki hubungan erat. Dapat dikatakan pelaku UMKM akan bertumbuh secara pesat dengan adanya kemajuan di sektor pariwisata. 

Pelaku UMKM dapat memasok kebutuhan terkait dengan pariwisata, seperti layanan wisata, kuliner, home stay hingga cendera mata atau suvenir.

Jadi, kata dia, UMKM akan terbantu sekali dengan bergeraknya sektor pariwisata. Keberadaan daerah wisata akan menyuburkan dan menumbuhkan UMKM. 

Di sisi lain, pariwisata itu butuh dukungan media dan UMKM.
Ia mencontohkan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), sektor pariwisata mereka sedang berkembang pesat seiring dengan pembukaan rute internasional.

Untuk itulah, sebutnya, harus seiring antara media, pariwisata, UMKM dalam menjalan kegiatan usahanya. 

"Kita berharap media bisa bersama dalam memperkenalkan potensi pariwisata, UMKM yang ada di Kota Pekanbaru," jelasnya.

Oleh karena itu, sambungnya, pemerintah mendorong ekonomi kreatif di Pekanbaru, mahasiswa atau masyarakat yang berminat untuk berwirausaha. 

"Dari segi pariwisata dan UMKM butuh media dalam memberikan informasi bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat. Semoga kebersamaan dalam diskusi ini kita bisa terus berkembang tahun 2019 nanti," ungkapnya lagi.

Menurut dia, menggambarkan hal positif bisa memberikan dampak menarik ditengah masyarakat.

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STP Riau, Riyono Gede Trisoko mengatakan, dukungan pemerintah bagi pengembangan sektor pariwisata dan UMKM begitu besar. 

Pemilik Taman Pancing dan Rekreasi Alamayang ini menambahkan, yang pasti, ada tiga hal harus dimiliki untuk bisa menjadi wirausaha.

“Pertama, kerja keras dan jujur, fokus dan memiliki jiwa yang kreatif,” ujarnya.

Untuk itu dirinya berharap, kerjasama media, sektor pariwisata, dan UMKM harus seiring untuk memberikan informasi menarik ditengah masyarakat.***




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video