PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri Resmikan Pengoperasian 35 Desa Berlistrik di Riau

By Bermadah 30 Okt 2018, 16:53:35 WIB Siak
PLN Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri Resmikan Pengoperasian 35 Desa Berlistrik di Riau

BERMADAH.CO.ID, SIAK - Dalam rangka merayakan Hari Listrik Nasional ke-73, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepri meresmikan Listrik Desa 35 Lokasi di Provinsi Riau, yang dipusatkan di Desa Tumang, Kecamatan Siak Kabupaten Siak.

Kegiatan ini juga merupakan "kado" Hari Ulang Tahun Kabupaten Siak ke-19.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Siak yang diwakili oleh Asisten 2 Perekonomian Kabupaten Siak, Hendrizan, General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Riau dan Kepulauan Riau, M Irwansyah Putra, Para Pejabat Pemerintahan di Kabupaten Siak, Tokoh Masyarakat, para tamu undangan dan masyarakat kampung Tumang.

“Peresmian tersebut menandai bahwa telah beroperasinya Jaringan Tegangan Menengah, Jaringan Tegangan Rendah dan Saluran Listrik Pelayanan Rumah yang telah selesai dibangun dan telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) untuk mengalirkan listrik PLN ke rumah-rumah warga di 35 Desa di Provinsi Riau yang baru dioperasikan,” ujar Irwansyah Putra saat menyampaikan sambutannya.

Dikatakannya, 35 Desa yang diresmikan tersebar di 5 Kabupaten antara lain Indragiri Hilir 19 Desa, Indragiri Hulu 2 Desa, Rokan Hulu 5 Desa, Rokan Hilir 2 Desa, Bengkalis 1 desa dan Siak 6 Desa.

Dengan beroperasinya infrastruktur kelistrikan pada 35 Desa tersebut, tentunya meningkatkan Rasio Elektrifikasi dan Rasio Desa Berlistrik di Provinsi Riau.

“Jumlah Desa yang sudah berlistrik di Provinsi Riau menjadi 1729 dari 1859 jumlah desa yang ada di Provinsi Riau. sehingga Rasio Desa berlistrik di Provinsi Riau saat ini sebesar 93,01 % artinya masih ada 130 desa yang belum berlistrik,” jelas Irwansyah.

Ditambahkan Irwansyah, dengan sinergitas antara PLN, Pemerintah Daerah dan Masyarakat, dapat mewujudkan program Nawacita Presiden. Dengan waktu yang tidak lama lagi, dimana 100% Desa Berlistrik di Provinsi Riau dapat direalisasikan pada tahun 2019.

Listrik merupakan suatu kebutuhan yang pokok di tengah-tengah masyarakat pada zaman ini.

Sementara, Asisten 2 Perekonomian Kabupaten Siak, Hendrizan mengatakan, infrastruktur listrik desa dapat mendorong laju pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup. “Dengan adanya infastruktur listrik desa tersebut dapat mendorong laju pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup warga yang selama ini belum menikmati listrik yang disediakan oleh pemerintah,” ujarnya.

Hendrizan berharap kepada seluruh warga yang baru menikmati listrik, PLN untuk bisa memanfaatkan listrik secara optimal guna meringankan pekerjaan yang selama ini dilakukan secara manual.

“Begitu besar manfaat energi listrik bagi kehidupan warga. Untuk itu, mari kita jaga dan pelihara bersama infrastruktur yang baru selesai dibangun oleh PLN,” kata Hendrizan.

Pada kesempatan ini juga, PLN memberikan CSR PLN Peduli untuk masyarakat Riau dengan total Rp 109.000.000.

Jumlah tersebut, di antaranya bantuan 200 paket sembako untuk masyarakat desa Tumang senilai Rp 30.000.000, bantuan pembangunan Mushola Al-Hidayah Desa Tumang Kecamatan Siak sebesar Rp 24.000.000 dan Bantuan Pembangunan Masjid Al-Hidayah Desa Mandiangin Kecamatan Minas sebesar Rp 55.000.000.

Semoga, dengan bertambahnya desa berlistrik di Provinsi Riau akan lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau pada umumnya, dan Desa tersebut pada Khususnya,(rls)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video