Polda Riau Gulung Belasan Tersangka Illegal Logging

By Bermadah 11 Okt 2018, 13:20:13 WIB Hukrim
Polda Riau Gulung Belasan Tersangka Illegal Logging

BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - Subdit IV Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau berhasil mengungkap kasus illegal logging dengan menyeret sebanyak 19 orang tersangka dengan lima Laporan Kepolisian (LP), Kamis (16/8/2018) lalu.

Penangkapan ini dilakukan petugas di dua lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP) yakni Desa Serapung, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan dan Jalan Hr Soebrantas, Tampan Pekanbaru.

"Barang bukti yang berhasil diamankan 52,8 ton kayu siap olah berbagai jenis, 3 buah Chainshaw, 4 buah parang, 1 buah pompong dan 1 buah sampan, 1 truck Fuso Hino BA 8909 HU yang akan menuju ke arah Bagan Siapiapi, Rohil," kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto yang didampingi Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Kombes Pol Gidion Arif Setiawan, Kamis (11/10/2018) siang.

Sementara, menurut Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, Kombes Pol Gidion Arif Setiawan mengatakan untuk penemuan kayu di wilayah kanal konsesi.

"Penemuan kayunya ada di kanal wilayah konsesi. Untuk titik tebangnya bukan di wilayah konsesi. Dari 19 tersangka ini, ada berbagai perannya yakni ada penebang, merakit dan yang membawa kayu (supir-red)," katanya.

Saat ditanyakan kepada Gidion sudah berapa lama para tersangka melakukan penebangan, dirinya memprediksi hampir 3 tahun.

"Kalau dilihat dari titik tebang ini kita mau evaluasi juga kalau dari hasil asesment ahli berapa hektare yang sudah ditebang mereka. Dari analisa kita sudah 3 tahun," sambungnya.

Sedangkan untuk estimasi harga kayu, Gidion menjelaskan masih dalam perhitungan kantor lelang.

"Untuk jenis kayunya Meranti Merah (kualitas tertinggi-red) dan Meranti. Untuk estimasi harganya masih dalam perhitungan kantor lelang. Ini untuk Pasal 82 Ayat 1 Huruf B Pasal 83 Ayat 1 Huruf B UU RI Nomor 13 Tahun 2013 tentang pencegahan dan perusakan hutan," tutup Gidion.(fik)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video