Populasi Satwa Liar Indonesia Alami Peningkatan
Ngobrol Pintar PWI Riau - Kemen LHK RI

By Bermadah 14 Mei 2019, 10:49:57 WIB Riau
Populasi Satwa Liar Indonesia Alami Peningkatan


BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - Populasi satwa liar di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan. Sehubungan dengan hal tersebut, pihak konservasi sumber daya alam dan ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI selalu selalu membuka diri kepada pihak-pihak yang ingin memberikan informasi, termasuk kepada kalangan media.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (Dirjen KSDAE) Kemen LHK RI, Ir Wiratno Msc, dalam pemaparannya pada acara Ngobrol Pintar (Ngopi) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau, Senin (13/5/2019) di Kalianda Room Lantai 2 Gedung Graha Pena Riau.

Disampaikannya, peningkatan jumlah populasi satwa liar yang dilindungi ini menunjukkan bahwa kerja konservasi pada pemerintahan ini menunjukkan hasil yang positif, walaupun masih terdapat tantangan yang dihadapi.

"Populasi satwa liar prioritas ini tersebar di berbagai kawasan konservasi. Di antaranya Harimau Sumatera dari 180 ekor menjadi 220 ekor," kata Wiratno.

Ditambahkannya, sudah banyak langkah koreksi (corrective action) yang dilakukan di bawah kepemimpinan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, seperti melibatkan masyarakat secara aktif.

"Banyak temuan-temuan dan upaya di lapangan, justru berasal dari laporan masyarakat dan diselesaikan bersama-sama dengan melibatkan masyarakat. Perlibatan publik baik melalui grup WA maupun media sosial menjadi salah satu kunci menjaga kelestarian ekosistem kita. Bersama publik kita harus melindungi kawasan yang masih utuh, merestorasi yang rusak, bangun koridor, dan upaya-upaya konservasi lainnya," terang Wiratno.

Sementara itu, Direktur Pencegahan dan Pengamanan Hutan Ditjen Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ir Sustyo Iriyono MSi menyebutkan, pihaknya konsisten melakukan berbagai upaya baik pencegahan maupun penindakan hukum terhadap kejahatan lingkungan hidup dan kehutanan.

"Meski baru berusia 4 tahun, tapi Gakkum KLHK sangat tegas. Kami perkuat bukan hanya jumlah personil, tapi juga kemampuan. Kami menjalin kerja sama dengan berbagai instansi, sehingga informasi yang kita butuhkan terhadap pencegahan dan penegakan hukum mudah dilakukan," ungkapnya.(***)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video