Praktisi Hukum Inhu Minta Operasional PT PAS Ditutup Sementara
Jika Pekerja Ada yang Meninggal, Terpapar Covid-19

By Bermadah 15 Sep 2020, 19:02:15 WIB Inhu
Praktisi Hukum Inhu Minta Operasional PT PAS Ditutup Sementara

Keterangan Gambar : Dody Fernando SH MH


BERMADAH.CO.ID, INHU - Dody Fernando SH MH, salah seorang praktisi hukum menilai, bahwa salah seorang yang bekerja pada PT Pabrik Agro Sejahtera (PAS), masih satu group dengan PT Regunas Agri Utama (RAU) yang meninggal perlu dipastikan terpapar Covid-19 atau tidak. 

"Kami menilai ada standar ganda yang digunakan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Inhu. Karena tindakan tidak untuk menutup sementara perusahaan, untuk memastikan Covid-19 tidak semakin tersebar luas ke publik," tegas Dody kepada media ini, Selasa 15 September 2020.

Dody menambahkan, bahwa PT PAS adalah pabrik pengelolaan kelapa sawit yang sangat banyak orang berinteraksi di sana. Mulai dari buruh bongkar muat, karyawan pabrik dan sopir pengantar kelapa sawit atau Tandan Buah Segar (TBS).

Apabila dilihat dari penanganan yang lain, lanjut Dody, contoh lainnya ketika ada karyawan dari Bank Riau Kepri Peranap, saat salah seorang karyawannya terpapar Covid-19 dan hasil pemeriksaan hasilnya reaktif, bank tersebut langsung ditutup.

Selain itu juga, kata Dody, ada dua kantor kecamatan, yakni kantor Camat Lirik dan Pasir Penyu ditutup sementara karena ada dua pegawai di kantor tersebut terpapar Covid-19.

Selain itu, Rumah Sakit Safira Airmolek Kecamatan Kelayang juga ditutup sementara karena ada salah satu pasien yang terinfeksi Covid-19.

"Maka sangat dipertanyakan, mengapa Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhu tidak melakukan hal yang sama dengan PT PAS dan PT RAU. Kami berharap Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Inhu mengutamakan keselamatan masyarakat banyak," tandasnya.

Ditegaskan Dody lagi, bahwa Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhu jangan mengambil resiko. Jangan biarkan PT PAS tetap menjalankan aktivitas, seolah-olah tidak terjadi apa-apa. Sementara sudah ada orang yang meninggal dan perlu dipastikan tidak terpapar Covid-19.

Menurut Dody, sebagaimana penjelasan dari Kepala Puskesmas Peranap, orang yang meninggal itu sempat dirawat di RSUD Indra Sari Rengat. Dimana, pasien warga Desa Katipo Pura, Kecamatan Peranap itu memiliki riwayat perjalanan dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dengan gejala sakit demam tinggi hingga dirujuk ke RSUD Indra Sari Rengat.

"Hasil rapid tes reaktif, sementara saat di tes swab hasilnya positif. Mengenai penutupan tempat kerja pasien tersebut merupakan kewenangan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhu dan bukan kewenangan Puskesmas Peranap," ujar Dody, menirukan pernyataan dari Kepala Puskesmas Peranap.

Maka dari itu, kata Dody, dirinya meminta kepada Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Inhu agar menutup sementara operasional PT PAS dan melakukan tes swab kepada seluruh karyawan dan buruh bongkar muat.

Atau bila perlu kepada karyawan PT RAU yang sering ke PT PAS juga dilakukan tes swab. Hal itu untuk memastikan keselamatan masyarakat banyak.

"Jangan pertaruhkan keselamayan nyawa orang banyak hanya demi kepentingan bisnis semata dari pengusaha," tegas Dody.

Sementara itu, Humas PT RAU Doni H saat coba dikonfirmasi terkait hal diatas mengatakan kalau yang meninggal itu bukan karyawan PT PAS.

"Sampai saat ini kami belum tahu apa penyebabnya," kata Doni.  (yuz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video