Resensi Buku Kebijakan publik, Evaluasi, Reformasi, Formulasi

By Bermadah 01 Feb 2020, 04:00:31 WIB Opini
Resensi Buku Kebijakan publik, Evaluasi, Reformasi, Formulasi

Keterangan Gambar : Ilma Nur Khamidah


BERMADAH.CO.ID - Buku yang berjudul “Kebijakan Publik, Eevaluasi, Reformasi, Formulasi” yang ditulis oleh Hayat SAP MSi merupakan buku yang memaparkan berbagai pendapat pakar ilmu mengenai kebijakan publik, mulai dari definisi, konsep, strategi, pendepatan dan model.

Buku 134 halaman ini sangat bagus bila dijadikan referensi bagi pemerintah sebagai pembuat kebijakan, akademisi, dan khususnya bagi mahasiswa jurusan Administrasi Publik.

Di dalam buku ini (Tahun Terbit Juli 2018) yang dibahas adalah salah satu konsep dan metode.

Dijelaskan, bahwa konsep reformasi kebijakan publik untuk menciptakan perubahan dan pembaharuan kebijakan juga ada kaitannya dengan reformasi birokrasi dan reformasi administrasi.

Disebutkan bahwa reformasi administrasi yang secara luas adalah reformasi sistem dan tatanan pemerintahan. Tatanan pemerintahan saat ini masih banyak patologi birokrasi yang berkembang dalam sistem administrasi negara yang menyebabkan proses reformasi administrasi yang tidak berjalan dengan baik.

Kondisi tersebut berkaitan dengan reformasi birokrasi yang masih lemah dalam implementasinya. Birokrasi menjadi lahan basah korupsi para pelaku koruptor. Sehingga, dalam rangka reformasi administrasi dan reformasi birokrasi yang menjadi tujuan utama pemerintah harus dimulai dengan reformasi kebijakan publik.

Yang kedua, dijelaskan bahwasanya reformasi kebijakan publik memiliki dimensi dan pendekatan yang komprehensif, dinamis dan fleksibel.

Reformasi kebijakan dibagi menjadi 3

Pertama, konteks (bersifat makro dan mikro) yang mana makro yakni konteks kebijakan memiliki peran strategis dalam aspek tujuan dari kebijakan. Sedangkan mikro adalah bentuk kebijakan yang lebih kongkret, spesifik dan detail.

Kedua, Arena,yakni bagian penting dalam upaya mencapai tujuan. Arena kebijakan adalah sebuah dimensi kebijakan yang mempunyai peran penting dalam mengakomodasi kebijakan, menjadi kunci utama pencapaian tujuan dan yang menentukan keluaran kebijakan. 

Tiga unsur yang menyertai proses kebijakan yaitu Partnership, networking, dan partisipatoris.

Yang ketiga, Dimensi pendekatan. pada bab ini berisi serta menjelaskan tentang pengertian kebijakan, proses kebijakan publik, bentuk kebijakan publik, tujuan kebijakan publik, dan fungsi pada kebijakan Publik. Pada bab ini juga dijelaskan berbagai teori dan pendapat dari berberapa tokoh kebijakan publik.

Dan, penulis memberikan suatu ilustrasi gambaran dan analogi melalui teori atau pendapat dari tokoh kebijakan.

Di antaranya, definisi kebijakan menurut Smith dan Lamirer, dalam bukunya yang berjudul The Public Policy Theory Primer, bahwasanya Policy iswhatever goverments choose to do or nor to do (kebijakan itu adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan pendapat pemerintah).

Selain itu juga berbagai definisi tentang kebijakan publik banyak diungkapkan oleh para pakar dan ahli kebijakan. Bahwa kebijakan publik adalah suatu keputusan yang dilakukan oleh pihak yang berwenang untuk kepentingan bersama.

Ada 3 poin penting yang dapat disimpulkan dari berbagai definisi kebijakan publik yang termaktub dalam buku ini yaitu:

a. Kebijakan Publik dibuat oleh pemerintah yang berupa tindakan-tindakan pemerintah

b. Kebijakan Publik baik untuk melakukan sesuatu maupun tidak melakukan sesuatu itu mempunyai tujuan tertentu

c. Kebijakan Publik ditujukan untuk kepentingan masyarakat.sehingga pembaca lebih memahami isi dalam buku ini.

Yang keempat, membahas tentang Reformasi Birokrasi. Terdapat beberapa poin penting di sini yaitu pembahasan reformasi birokrasi dari konsep dan strategi yang di tuangkan dalam Grand Design reformasi. 

Selain itu juga ada strategi daerah antara lain: Institutional-Document Strategy, Institusional- Implementative Strategy, Institusional-Public Implemntative Strategy. Di dalam bab ini juga dibedah tentang persoalan birokrasi yang menghambat proses pelayanan publik.

Yang kelima, membahas tentang konsepformulasi kebijakan publik, prinsip-prinsip dalam formulasi Kebijakan Publik serta model formulasi pelayan publik.

Poin penting di sini adalah Formulasi kebijakan sebagai sebuah konsep atau sebuah rumus untuk merencanakan apa yang akan diputuskan dan diambil kebijakannya.

Yang keenam, Kesimpulan pembahasan dalam buku ini bahwa penulis menyajikan sebuah konteks kebijakan publik secara utuh yang evaluatif, reformatif, formulatif untuk memberikan kebijakan publik yang sesuai tuntutan masyarakat dan sesuai tujuan kebijakan publik itu sendiri. Sehingga kebijakan publik yang dibuat pemerintah dapat berfungsi dengan baik dalam sebuah negara.

Yang ketujuh, dalam bab ini menjelaskan tentang pelayanan publik dan good governance. Didalam bab ini mengupas tentang inovasi-inovasi kebijakan dan pelayanan publik yang berbasis good governance dan juga bagaimana meningkatkan kualitas pelayanan publik yang prima.

KESIMPULAN

Menurut saya, bahwa buku ini banyak sekali ditemukan pokok-pokok pembahasan yang penting, seperti Pelayanan Publik, Kebijakan Publik dll. Saya dapat menyimpulkan beberapa di antaranya adalah Indikator penting yang menjadi kebutuhan masyarakat adalah sebuah pelayanan publik.

“Pelayanan publik adalah suatu kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi secara optimal”. 

Dijelaskan dibuku tersebut bahwa sebuah pelayanan publik menjadi sebuah kebutuhan masyarakat secara optimal. Karena, apabila sebuah pelayanan publik belum optimal maka sebuah instansi atau pemerintah dapat dikatakan belum berhasil menyejahterakannya.

Karena pelayanan publik dapat dikatakan berhasil atau baik apabila masyarakatnya sudah merasa baik dan puas terhadap pelayanan publik. Pelayanan publik menjadi indikator paling utama dalam penyelenggaraan pemerintah. Selain itu pelayanan publik juga dapat menjadi alat untuk menilai kinerja pemerintah apakah sudah baik atau tidak.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN 

Buku ini memiliki kelebihan di antaranya bahasanya mudah dipahami, dan juga menyajikan beberapa pendapat dari para ahli. Hanya saja, banyak pengulangan kata, atau bahkan definisi dari para ahli beberapa yang hampir serupa.(***)

Oleh      : Ilma Nur Khamidah

NPM      : 21801091100

Jurusan: Administrasi Publik

Fakultas: Ilmu administrasi 

Universitas Islam Malang




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video