Sidak, Disperindag Pekanbaru dan BBPOM Temukan Puluhan Sarden Kadaluarsa

By Bermadah 21 Mar 2018, 20:10:03 WIB Pekanbaru
Sidak, Disperindag Pekanbaru dan BBPOM Temukan Puluhan Sarden Kadaluarsa

Keterangan Gambar : Asisten II Setdako Pekanbaru El Syabrina, saat memimpin sidak di salah satu swalayan, Rabu (21/3/2018).


BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru bersama Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM), mendapati puluhan sarden kemasan kadaluarsa yang masih diperjualbelikan, saat sidak Rabu (21/3/2018).

Sidak gabungan yang dipimpin Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru El Syabrina itu, menindaklanjuti ditemukannya sarden bercacing di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Saat dikonfirmasi, Syabrina menyutkan lokasi sidak pertama digelar di Pasar Tradisional Jalan Agus Salim dengan sasaran tiga jenis produk sarden kaleng, di antaranya merk IO, Farmer Jack dan Hoki.

"Di lokasi ini, kita mendapatkan ada produk kadaluarsa yang diperjual belikan. Kita langsung memperingatkan pedagang berasangkutan dan meminta sarden yang sudah kadaluarsa untuk tidak dipajang lagi," ungkapnya.

Sidak, kata Syabrina yang sebelumnya pernah menjabat Kepala Disperindag Pekanbaru ini, dilanjutkan ke Pasar Buah Jalan Jenderal Sudirman dan di swalayan kawasan Mal SKA.

Di lokasi ini, petugas kembali menemukan sarden yang kadaluarsa. Hanya saja, dalam sidak di tiga lokasi itu tidak ada ditemukan sarden merk Farmer Jack yang positif mengandung cacing gilig.

"Ada sekitar 48 kaleng ikan sarden yang sudah kadaluarsa yang kita temukan dalam sidak tadi," jelas mantan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru ini.

Untuk prosuk yang sudah kadaluarsa agar disimpan dan dikembalikan ke distributor ikan kaleng berasangkutan.

"Karena kita tidak menginginkan adanya produk kadaluarasa yang masih  diperjual belikan, karena sangat berdampak terhadap kesehatan masyarakat yang menkonsumsinya," tegas dia.

Syabrina, tak lupa mengingatkan warga agar lebih hati-hati dalam membeli kebutuhan pokok. "Salah satunya dengan cara melihat tanggal kadaluarsa di setiap produk kemasan," pesannya. (abd




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video