Tahun 2020, NASA Siap Terbangkan Helicopter ke Planet Mars

By Bermadah 13 Mei 2018, 00:47:10 WIB Internasional
Tahun 2020, NASA Siap Terbangkan Helicopter ke Planet Mars

Keterangan Gambar : Ilustrasi Planet Mars


BERMADAH.CO.ID, WASHINGTON - Dijadwalkan pada July 2020, The National Aeronautics dan Space Administration (NASA) akan menerbangkan (mengirimkan) helikopter ke Planet Merah (Mars). Helikopter tanpa awak ini akan melakukan misi penjelajahan Mars dan merupakan kendaraan udara yang dapat terbang rendah untuk dapat mencapai akses yang tidak dapat dijangkau manusia.

Dilansir Sindonews, menurut Jim Bridenstine Perwakilan NASA, dari laman JPL NASA, gagasan tentang helikopter ini memiliki banyak harapan untuk mengeksplor penemuan ilmu pengetahuan baru bagi masa depan.

Diberitakan, dimulai sejak Agustus 2013 sebagai proyek pengembangan teknologi di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, helikopter Mars ini membuktikan bahwa hal-hal besar berawal dari mimpi yang kecil.

"Menjelajah planet merah dengan helikopter Mars merupakan contoh perkawinan yang sukses antara inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini juga merupakan kesempatan mengeksplorasi Mars untuk masa depan" Thomas Zurbuchen, Associate Mission Dirertorate at the agency headquarters in Washington.

Selama Empat tahun melakukan desain pengujian dan perancangan oleh para tim, helikopter ini berbobot kurang dari 4 Pon atau sekitar 1,3 Kilogram. Badan pesawat ini seukuran bola Softball dan baling balingnya akan merobek atmosfer Mars yang tipis sekitar 3.000 rpm.

Helikopter ini juga dilengkapi dengan kemampuan bawaan yang diperlukan untuk penjelajahan di Planet Mars, termasuk sel surya untuk mengisi daya baterai Lithiun-Ion dan mekanisme pemanas untuk menjaga dari dinginnya malam di Mars.

Adapun, proyek Mars 2020 di JPL Pasadena, California juga mengelola pengembangan Mars 2020 Rover yang akan diluncurkan terlebih dahulu sebelum Helicopter ini diterbangkan. Akan diluncurkan pada roket Atlas V roket dari Space Launch Complex 41 di Cape Canaveral di Florida dan diperkirakan akan mencapai Mars pada Februari 2021. Jika misi Helikopter Mars  berhasil, akan membuat Amerika menjadi negara pertama yang menerbangkan pesawat yang lebih berat dari udara di Mars.(red)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video