Terapkan Protokol Kesehatan, Upaya Efekti Minimalisir Penyebaran Covid-19
New Normal

By Bermadah 05 Jun 2020, 12:27:49 WIB Opini
Terapkan Protokol Kesehatan, Upaya Efekti Minimalisir Penyebaran Covid-19

Keterangan Gambar : DR. Heni Susanti, S.H.,M.H


BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - Pandemi Covid-19 menimbulkan suatu perubahan terkait mobilitas masyarakat di seluruh wilayah yang ada di Indonesia, tidak terkecuali dengan kondisi masyarakat di Provinsi Riau. Sebagai upaya untuk menekan angka penyebaran COVID-19, Pemerintah provinsi bersama Polri mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk beraktivitas dari rumah dan tidak melakukan perjalanan yang tidak diperlukan.

Sejauh ini, upaya tersebut masih dianggap sebagai upaya yang paling efektif. Adanya pembatasan sosial diharapkan dapat meminimalisir transmisi dan penyebaran Covid-19 dari manusia ke manusia khususnya di wilayah Riau.

Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 telah menyatakan bahwa PSBB dilakukan salah satunya dengan meliburkan tempat kerja. Namun, dunia kerja tidak mungkin selamanya dilakukan pembatasan, roda perekonomian harus tetap berjalan.

Oleh karena itu, setelah dihentikannya pemberlakuan PSBB dengan kondisi pandemi Covid-19, perlu dilakukan upaya kesiapan tempat kerja seoptimal mungkin sehingga dapat beradaptasi melalui perubahan pola hidup pada situasi Covid-19 atau New Normal. Hal ini tentunya harus didukung dengan penurunan jumlah kasus Covid-19 di suatu wilayah yang akan melaksanakan new normal.

Saat ini, Provinsi Riau memang menuju new normal karena telah menurunnya jumlah positif Covid-19 di Riau. Polda Riau melakukan pemantauan dan pendisiplinan terhadap masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Seiring dengan konsistensi kinerja dan kerja sama pemerintah, Polri, serta masyarakat dalam melakukan pembatasan sosial, telah membawa Provinsi Riau pada titik penurunan dalam hal jumlah kasus positif Covid-19.

Hal ini sesuai dengan yang disampaikan oleh tim gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 pada tanggal 4 Juni 2020 menyatakan bahwa angka kesembuhan di Provinsi Riau 82,05%.

Meskipun faktor kesembuhan ini cukup tinggi, masyarakat harus tetap menjaga protokol kesehatan, terutama dalam penggunaan masker, cuci tangan dan jaga jarak.

Penerapan prosedur standar tatanan baru atau new normal harus segera dilaksanakan guna mendisiplinkan masyarakat terkait protokol kesehatan. Karena, kedisiplinan masyarakat sangat menentukan perkembangan penyebaran Covid-19 di Riau.

Meskipun saat ini wilayah Riau menuju New Normal, masyarakat harus tetap waspada dan menjaga kesehatan serta mematuhi protokol kesehatan. Hal ini wajib dilakukan karena berdasarkan penelitian saat ini belum ditemukan obat ataupun vaksin yang mampu menghentikan Covid-19 secara permanen.

Pendisiplinan protokol kesehatan dapat dilakukan disetiap tempat, khususnya area publik, pasar, mall, perkantoran, ataupun tempat berkumpulnya orang banyak.

New Normal bukan berarti sama dengan keadaan normal pada umumnya. Semua aktivitas tetap dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. Kepolisian memiliki peran yang cukup penting guna menjaga masyarakat agar tetap disiplin menjalankan protokol tersebut. Hal ini dilakukan karena pada umumnya masyarakat lengah dan merasa sudah aman dikarenakan sudah mulai bisa beraktivitas kembali.

Padahal, dalam perkembangannya, Covid-19 ini bisa saja kembali menyebar jika masyarakat mengabaikan protokol kesehatan. Hal yang dapat dilakukan oleh pihak kepolisian sebagai pengayom masyarakat adalah dengan melindungi dan mengingatkan masyarakat secara nyata dalam pendisiplinan tersebut.

Hal yang paling mudah dapat dilakukan secara konsisten adalah dengan tetap memakai masker, mencuci tangan dan tetap menjaga jarak. Dengan demikian, penyebaran Covid-19 dapat segera menghilang di Bumi Lancang kuning.(rls)

Oleh: DR. Heni Susanti, S.H.,M.H 

Dosen Fakultas Hukum UIR

(Pakar Hukum Humas Polda Riau)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video