Unit Pengumpul Zakat Dituntut Jaga Kredibilitas Lembaga

By Bermadah 25 Okt 2018, 21:13:16 WIB Advertorial
Unit Pengumpul Zakat Dituntut Jaga Kredibilitas Lembaga

BERMADAH.CO.ID, INHIL - Badan Amil Zakat Nasional terus berbenah diri dan bekerja dengan maksimal. Penghimpunan zakat dan pendistribusian tepat sasaran menjadi tujuan utama dalam menjalankan amanah umat. Guna memaksimalkan penerimaan zakat dibentuklah Unit Pengumpul Zakat (UPZ).

Di Kabupaten Indragiri Hilir sudah terdapat 8 UPZ. Artinya, masih ada 12 Kecamatan lagi yang mesti dibentuk UPZ.

Kepala Baznas Inhil H Yunus Habsyi, saat pelantikan UPZ Kecamatan Concong dan UPZ Mesjid Nurul Huda mengatakan, dalam hal pengumpulan dan pendistribusian itu bukan hal pribadi. Tetapi, sebutnya, merupakan urusan badan tertentu baik yang dibentuk oleh masyarakat maupun yang dibentuk oleh negara berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Baznas adalah sebuah badan yang mengumpul, mengelola, mendayakan uang zakat masyarakat yang dibentuk," kata Yunus Hasby, Rabu (24/10/2018).

Dikatakannya, sesuai peraturan yang ada, masyarakat boleh mendapat petunjuk agar setiap masjid besar harus membentuk Unit Pengumpul Zakat untuk setiap Kecamatan, boleh melebar sampai kepada unit-unit lainnya sesuai dengan kemampuan.

Setiap instansi pemerintah harus membentuk Unit Pengumpul Zakat tersendiri, bekerja sesuai peraturan undang-undang dikoordinir di bawah koordinasi Baznas Kabupaten Inhil.

Dijelaskannya, begitu UPZ dilantik, secara sah dan resmi boleh melaksanakan kegiatan pengumpulan di zakat, infaq dan sedekah dan nanti akan ada kegiatan tambahan dalam hal pendistribusian zakat ke Baznas Inhil dan teknis. "Tugas pokok dan fungsi kita akan bahas secara rinci pada saat rakor nanti," terangnya.

Kepada yang baru dilantik, UPZ Kantor Camat dan UPZ masjid Nurul Huda diminta mengikuti petunjuk serta peraturan yang ada, termasuk soal kerjasama dan pembinaaan, sehingga kualitasnya semakin meningkat dan berkoordinasi kepada Camat dan KUA Kecamatan.

Sementara itu, Duta Zakat Inhil H Said Syarifuddin mengharapkan kepada anggota UPZ yang sudah dilantik agar segera bekerja mengumpulkan zakat sebanyak-banyaknya.

"Selamat kepada saudara-saudara pengurus Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Concong dan pengurus UPZ masjid Nurul Huda Kecamatan Concong yang baru dilantik. Semoga saudara-saudara dapat menjalankan amanah yang diembankan dengan sebaik-baiknya," ungkapnya.

Ditambahkan Said Syarifuddin, sebagai ujung tombak di bidang penghimpunan zakat, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan optimalisasi pengelolaan zakat. Meningkatnya hasil penghimpunan zakat, kata Said, tentu akan memberikan dampak terhadap meningkatnya program pemberdayaan zakat yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan umat.

"Untuk itu saya sangat mengapresiasi keberadaan pengurus UPZ selaku penghimpun zakat di Kecamatan Concong ini. Karena, seorang Amil tidak hanya mengharapkan bagian amilnya saja, tetapi juga harus bisa mempertanggungjawabkan amanah yang diberikan Muzakki untuk mengelola zakat," ujarnya.

Untuk itu, UPZ dituntut mampu menjaga kredibilitas sebagai lembaga yang bersih, amanah dan profesional. Dalam hal ini, Baznas beserta UPZ perlu memiliki persamaan visi dan standar nilai serta etika, yang dapat diterapkan dalam melaksanakan pengelolaan zakat.

Ditegaskan dia, Baznas Kabupaten Indragiri Hilir senantiasa memberikan pembinaan terhadap para pengurus UPZ, agar dapat memiliki sifat, mentalitas dan kemampuan yang dibutuhkan dalam mengelola zakat secara amanah, transparan dan profesional.

H Yunal Edwar, selaku Ketua Baznas Provinsi Riau mengapresiasi Sekda Inhil menjadi Duta Zakat.

"Saya bangga sekali Sekda Kabupaten Inhil turun ke desa-desa untuk sosialisasikan zakat dan luar biasa sekali pekerjaan pemerintah dan Baznas Inhil dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan mensejahterakan masyarakat," kata Yunal.

"Kami dari Baznas Provinsi Riau mengucapkan selamat kepada yang baru dilantik yang merupakan perpanjangan tangan Baznas pusat di Kecamatan," ucapnya.(Advertorial)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video