Unjuk Rasa Rompi Kuning Kembali Terjadi di Paris

By Bermadah 07 Jan 2019, 00:23:43 WIB Internasional
Unjuk Rasa Rompi Kuning Kembali Terjadi di Paris

Keterangan Gambar : Aksi Unjuk Rasa Rompi Kuning, Sabtu (5/1/2019). (Foto : REUTERS/Gonzalo Fuentes). cnnindonesia


BERMADAH.CO.ID, PRANCIS - Unjuk rasa para demonstran rompi kuning kembali dilakukan di ibu kota Prancis, Paris, Sabtu (5/1/2019). Aksi yang bermula dari protes kenaikan pajak bahan bakar dan biaya hidup itu berujung rusuh.

Baca Juga : Massa Rompi Kuning Kembali Berunjuk Rasa di Prancis

Dikutip dari Reuters, para demonstran membakar sepeda-sepeda motor dan membakar barikade di Boulevard Saint Germain. Tak hanya itu, AFP melaporkan terjadi baku hantam antara massa demonstran dengan polisi di dekat sungai Seine.

Semula, aksi lanjutan Rompi Kuning itu berjalan dengan damai dan teratur hingga waktu petang tiba. Sebagian massa aksi mulai melemparkan benda-benda ke polisi yang memblokade jembatan di atas Sungai Seine.

Menanggapi aksi massa tersebut, polisi membalas dengan menembakkan gas air mata guna mencegah massa menyebrangi jembatan untuk mencapai Gedung Dewan Nasional.

Diberitakan, ribuan para demonstran terlibat dalam aksi kali ini. Unjuk rasa Sabtu itu tak hanya terjadi di Paris. Aksi rompi kuning ini menjadi pukulan tersendiri bagi pemerintahan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang baru berjalan 20 bulan.

Aksi terburuk dari rompi kuning terjadi pada November tahun lalu, yang berujung pada kerusuhan. Kala itu, ratusan orang diamankan dan sejumlah lainnya terluka.

Menanggapi kerusuhan tersebut, pada Desember 2018 Macron mengumumkan janji pemotongan pajak bagi pensiunan, peningkatan upah bagi pekerja miskin dan penghapusan kenaikan pajak bahan bakar yang direncanakan.(***)

Sumber : cnnindonesia.com




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video