Veteran Perang Dunia II Ini Meninggal di Usia 112 Tahun

By Bermadah 30 Des 2018, 00:15:52 WIB Internasional
Veteran Perang Dunia II Ini Meninggal di Usia 112 Tahun

Keterangan Gambar : Richard Overton, pria tertua di AS meninggal dalam usia 112 tahun. (REUTERS/Kevin Lamarque). cnnindonesia


BERMADAH.CO.ID, AMERIKA SERIKAT - Richard Overton, Veteran Perang Dunia (PD) II, pria tertua di Amerika Serikat meninggal pada Kamis sore kemarin. Veteran PD II yang masih tersisa ini meninggal di usia 112 tahun.

Kabar duka itu telah dikonfirmasi CNN melalui salah satu anggota keluarga Overton, Shirley. Menurutnya, Richard belakangan memang dirawat di rumah sakit karena pneumonia. Richard Overton akan berusia 113 tahun pada 11 Mei tahun depan.

Pejuang perang ini mengawali kariernya di militer AS pada 1942. Ia menjadi saksi soal kejadian di Pearl Harbor. Mantan Presiden AS Barack Obama bahkan tahu ceritanya.

"Dia di Okinawa. Dia juga di Iwo Jima, di mana dia berkata, 'Saya bisa keluar dari sana hanya karena berkah Tuhan,'" ujar Obama pada suatu kesempatan beberapa waktu lalu.

Namun Richard sendiri sudah ingin melupakan kenangan masa perangnya. Ia mengaku tak suka bicara soal itu. "Saya sudah lupa hal-hal itu," katanya kepada CNN.

Ketenaran Richard, sampai ia dijadikan nama jalan, Richard Overton Avenue di Texas.

Gubernur Texas Greg Abbott menyebut Richard adalah "ikon Amerika sekaligus legenda Texas".

"Dengan kejenakaan dan jiwanya yang baik dia menyentuh hidup begitu banyak orang, dan saya merasa sangat terhormat pernah mengenalnya. Richard Overton membuat kita bangga menjadi orang Texas dan bangga menjadi warga Amerika," tuturnya, dikutip dari CNN.(***)

Sumber : cnnindonesia.com

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video