Transaksi BRImo Makin Nyaman, Berikut Cara Menonaktifkan Aksesibilitas di Smartphone

By Bermadah 23 Des 2024, 12:23:41 WIB Ekonomi
Transaksi BRImo Makin Nyaman, Berikut Cara Menonaktifkan Aksesibilitas di Smartphone

BERMADAH.CO.ID - pada kehidupan sehari-hari, penggunaan smartphone untuk berbagai aktivitas tak dapat dihindari. Ini karena smartphone sudah dibekali beberapa fitur canggih untuk memaksimalkan kinerjanya ke berbagai kalangan, termasuk fitur accessibility.

Fitur accessibility dirancang untuk mempermudah para penyandang disabilitas, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan penglihatan, pendengaran, atau fisik. Salah satu fiturnya ialah TalkBack yang memiliki fungsi membacakan teks dan ikon di layar dengan lantang untuk pengguna dengan penglihatan rendah.

Adapun fitur ini dapat digunakan apabila pengguna memiliki keterbatasan penglihatan, sehingga dapat memudahkan pengguna dalam menggunakan smartphone. Selain itu, penggunaan fitur accessibility juga sebaiknya digunakan dengan bijak. Pasalnya, jika fitur accessibility diaktifkan artinya pengguna sudah menyetujui akses informasi/data yang ada di smartphone.

Kendati demikian, pemberian akses tersebut, terdapat risiko yang bisa mengancam data pengguna dalam smartphone termasuk jika ada aplikasi finansial. Apalagi saat ini tengah marak ancaman kejahatan siber terutama yang melibatkan teknik social engineering, di mana smartphone pengguna dapat diakses jarak jauh oleh pelaku kejahatan siber yang memanfaatkan fitur-fitur di menu aksesibilitas pada perangkat smartphone.

Oleh karena itu, sehubungan dengan hal tersebut, pengguna harus berhati-hati dan lebih selektif dalam memberikan izin pada aplikasi yang diunduh. Pastikan agar tidak mengunduh atau klik link sembarangan yang tidak jelas sumbernya.

BRImo, mobile banking unggulan dari BRI telah menerapkan kebijakan pada versi terbaru aplikasi (2.75.0) yang akan menampilkan pop-up peringatan jika ada aplikasi dengan fitur aksesibilitas yang aktif di perangkat Anda. Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan penggunaan aplikasi mobile banking BRImo dan melindungi Anda dari risiko keamanan data yang tidak diinginkan.

Untuk dapat kembali mengakses BRImo dengan nyaman dan terlindungi, Anda dapat menonaktifkan fitur aksesibilitas ketika muncul pop up notification peringatan saat membuka BRImo. Setiap perangkat memiliki langkah yang berbeda untuk menonaktifkan fitur aksesibilitas. 

Berikut adalah panduan untuk setiap merek perangkat.

1. Oppo

- Klik "Buka Pengaturan" saat pop-up muncul di BRImo.

- Masuk ke "Additional Settings" atau "Pengaturan Tambahan".

- Pilih menu "Accessibility".

- Di bagian "Downloaded Apps", pastikan semua aplikasi dinonaktifkan.

- Tutup pengaturan dan buka kembali BRImo.

2. Samsung

- Saat pop-up muncul di BRImo, klik tombol "Buka Pengaturan".

- Anda akan diarahkan ke menu "Accessibility".

- Pilih "Installed Apps" pada halaman tersebut.

- Pastikan semua aplikasi yang terdaftar dalam keadaan mati atau off.

- Kembali ke aplikasi BRImo untuk melanjutkan penggunaan dengan nyaman dan terlindungi.

3. Xiaomi, Redmi, dan Poco

- Tekan tombol "Buka Pengaturan" pada pop-up BRImo.

- Pilih "Additional Settings" di menu pengaturan.

- Masuk ke menu "Accessibility".

- Pastikan semua aplikasi di bagian "Downloaded Apps" dalam keadaan mati.

- Kembali ke BRImo untuk melanjutkan transaksi.

4. Vivo

- Klik "Buka Pengaturan" pada notifikasi di BRImo.

- Masuk ke menu "Shortcut and Accessibility".

- Pilih "Accessibility".

- Scroll ke bagian "Downloaded Services" dan menonaktifkan seluruh aplikasi yang terdaftar.

- Setelah selesai, buka kembali BRImo.

5. Asus

- Tekan "Buka Pengaturan" ketika pop-up muncul di BRImo.

- Lanjut masuk ke menu "Accessibility".

- Pastikan semua aplikasi di halaman tersebut dalam keadaan mati/non-aktif.

- Kembali ke aplikasi BRImo untuk melanjutkan aktivitas.

Jika Anda masih mengalami kesulitan atau membutuhkan panduan lebih lanjut, Anda dapat menghubungi Contact BRI dan Asisten Virtual Sabrina BRI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Pengguna cukup menghubungi Contact BRI lewat telepon di 1500017 atau Whatsapp Sabrina BRI di 08121214017, dan bisa bertanya kebutuhan yang diperlukan pengguna.

Kemudian, pastikan selalu memperbarui aplikasi BRImo dan hanya mengunduhnya dari sumber resmi seperti Google Play Store maupun AppStore. Dengan mobile banking BRImo, kemudahan, keamanan, dan perlindungan data dalam bertransaksi keuangan kini berada di genggaman Anda!

(***)




Berita Terkait

Berita Populer

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Teknologi

Read More

Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video