Helikopter NASA akan Jelajahi Planet Mars

By Bermadah 15 Apr 2020, 01:47:40 WIB Teknologi
Helikopter NASA akan Jelajahi Planet Mars

Keterangan Gambar : Helikopter dan rover yang tengah dikembangkan NASA untuk mendarat di Mars. (dok. NASA)


BERMADAH.CO.ID, AMERIKA SERIKAT - Badan Antariksa Amerika (NASA) siap menerbangkan helikopter di Mars. Nantinya, helikopter ini akan digunakan untuk menurunkan rover Perserverance di planet merah itu.

Diberitakan, penerbangan tersebut dijadwalkan bakal berlangsung antar 17 Juli 2020 atau 5 Agustus 2020. Para teknisi NASA mesti menyelesaikan rover itu selama 14 minggu yang dikerjakan di Kennedy Space Center, Florida, AS sebelum diterbangkan ke Mars.

Mereka menempatkan hidrokin monopropellant seberat 401 kilogram ke empat tangki bahan bakar. Langkah ini diperlukan sebagai bahan bakar saat helikopter memasuki atmosfer Mars.

Nantinya propelan (bahan bakar atau sumber tenaga suatu mesin roket) akan diumpankan dengan sebuah tekanan melalui baja dan titanium tubing ke dalam delapan mesin pendaratan rover.

Selanjutnya, ketika helikopter melaju sampai ketinggian 2.200 meter, mesin rover akan menjadi lebih lambat sekitar 0,75 meter per detik, seperti dikutip laman resmi NASA. 

Kemudian, saat helikopter sampai di Mars, tali berbahan nilon akan berputar keluar untuk menurunkan rover pada ketinggian 7,6 meter. Setelah rover mendarat di permukaan Jezero Crater Mars, kabel penghubung akan terputus.

"Dalam seratus hari terakhir sebelum misi peluncuran Mars penuh dengan berbagai proses penting. Memperkuat tahapan untuk mencapai permukaan Mars merupakan langkah besar," kata salah satu teknisi NASA untuk misi Mars 2020, David Gruel.

"Kami akan terus menguji dan mengevaluasi kinerja helikopter dan rover sebelum misi peluncuran. Kendati begitu, kami bisa mengatakan bahwa rover Perseverance siap ditempatkan di permukaan Mars," lanjutnya.

Sementara, menyoal rover Perseverance, rover ini memiliki bobot 1,025 kilogram dan memiliki misi untuk mencari tanda-tanda kehidupan mikroba masa lalu, memetakan iklim dan mengumpulkan berbagai sampel yang dapat membuka jalan astronaut bisa menginjakkan kaki di Planet Merah itu.

Diharapkan, Rover Perseverance dapat mendarat di kawah Jezero Mars pada 18 Februari 2021.

Misi NASA ke Mars ini juga merupakan bagian dari misi mengembalikan manusia ke permukaan Bulan yang direncanakan pada 2024. Misi ke Bulan itu diberi nama Artemis.

Setelah mendaratkan manusia pada 2024, NASA juga menargetkan bisa menempatkan kembali manusia di Bulan tahun 2028.(***)

Sumber: cnnindonesia.com




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 10 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video