LAMR, Najib:Saya Terenyuh,Meski Digelar Budaya Jawa,LAMR Dielukan,Melayu Dijunjung Tinggi
Semarak Budaya Untuk Indonesia, Sempena HUT ke-5 FKJK Riau

By Bermadah 15 Sep 2024, 18:39:03 WIB Budpar
LAMR, Najib:Saya Terenyuh,Meski Digelar Budaya Jawa,LAMR Dielukan,Melayu Dijunjung Tinggi

BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - Gebyar Semarak Budaya untuk Indonesia sempena Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 Forum Komunikasi Jaranan Kudalumping (FKJK) Provinsi Riau sukses menampilkan kegiatan budaya, Minggu, (15/9/2024).

Rangkaian budaya meliputi kirap jalan besar, kirap para bopo, kudalumping besar, purno kawan semar, petruk dan bagong, tumpeng besar, sedekah bumi hasil panen, klub sepeda ontel dan peserta pawai dengan jumlah sekitar 400 orang terdiri barongan, celengan serta ditutup musik pengiring.

Kegiatan ini, salah satu pengorganisasian yang juga dihadiri oleh, salah satu Ketua MKA Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Najib Efendi.

Penampilan kirap jalan besar ditunggu, sebab yang pertama di Sumatra. 

"Aktrasi kudalumping adalah, dulunya merupakan tradisi persiapan untuk perang melawan penjajahan, kemudian yang diturunkan menjadi sebuah seni," kata Riyono sebagai Pembina FKJK Riau.

Penyemangat kegiatan, juga terlontar dari ucapan Datuk Najib Efendi selaku salah satu Ketua MKA LAMR, mengenang saat masih menjabat sebagai Camat Bukit Raya yang dulu wilayah Alam Mayang masih berstatus Kecamatan Bukit Raya, orang tua Pengelola Alam Mayang, Ibu Badiun penuh perhatian dalam segala aspek untuk kelancaran kenerja kantor Camat.

"Tidak terasa sekian tahun lamanya, semasa itu, kehadiran saya dengan Ibu ananda Riyono begitu erat, saat ini, malah lebih dari pada itu, sehingga rasa terenyu mengalir saat diarak dengan Kudalumping besar," ujarnya.

Kemudian hal lain, juga bangga dan mengapresiasi akan pemikiran ananda Riyono yang begitu positif dalam pengembangan sebuah nilai kebudayaan untuk generasi selanjutnya.

"Tentu harapan besar kami yang mendapat junjungan kehormatan diacara seni budaya Jawa menempatkan LAMR utama dalam kegiatan ini. Sukses selalu dan selamat HUT FKJK Riau yang ke-5," tutupnya.

Pada kesempatan tersebut, mewakili LAMR, Najib Efendi juga merasa terenyuh, meski digelar budaya Jawa, tapi LAMR dielu-elukan. Kemudian, sebutnya, budaya Melayu tetap dijunjung tinggi.

"Saya Terenyuh, meski digelar budaya Jawa, LAMR dielu-elukan, budaya Melayu tetap dijunjung tinggi," pungkasnya.(***)




Berita Terkait

Berita Populer

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Teknologi

Read More

Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video