Panen Raya Padi di Desa Laksamana, Bupati Alfedri Serahkan 16 Unit Mesin Pompa Air dan 1 Cultivator

By Bermadah 16 Jun 2024, 10:00:58 WIB Siak
Panen Raya Padi di Desa Laksamana, Bupati Alfedri Serahkan 16 Unit Mesin Pompa Air dan 1 Cultivator

BERMADAH.CO.ID, SIAK - Panen raya padi, di Kampung Laksamana, Kecamatan Sabak Auh, kabupaten Siak, berlangsung meriah, selain panen raya itu di hadiri Bupati Alfedri warga juga tampak gembira karena saat yang di tunggu sudah tiba.

Kehadiran Bupati Siak Alfedri bersama rombongan, disambut Iringan Kompang dan Penampilan Reok. Alfedri terlebih dahulu mengajak seluruh masyarakat khususnya kelompok Tani untuk bersyukur karena hari ini akan melaksanakan Panen Raya Padi. 

"Saya melihat siang ini, wajah kelompok tani tersenyum lebar karena akan melaksanakan Panen Raya Padi. Oleh karena itu, kita harus perbanyak bersyukur atas rezeki yang telah Allah SWT berikan ini," sebutnya, Sabtu (15/6/2024).

Alfedri menambahkan, saat ini jumlah lahan padi di Kabupaten Siak sekitar 5000 Hektar Kecamatan Sabak Auh berjumlah sekitar 1300 Hektar dan untuk di Kampung Laksmana sendiri berjumlah sekitar 280 Hektar.

"Saat ini, dari 280 Hektar sawah di Kampung Laksamana, saat ini menghasilkan 5.5 ton / Hektar. Dan kami berharap, kedepannya hasil panen padi di Kampung Laksmana khususnya, dan di Kecamatan Sabak Auh bisa terus meningkat," harap Alfedri. 

Untuk meningkatkan hasil panen padi di Kabupaten Siak khususnya di Kecamatan Sabak Auh serta Kampung Laksmana. Pemerintah Kabupaten Siak terus mendukung para petani guna meningkatkan hasil panen padi. Dengan menganggarkan dan mengusulkan bantuan alat-alat pertanian, baik dari APBD Siak, APBD Provinsi Riau, dan juga mengusulkan melalui APBN. 

"Alhamdulillah hari ini kami menyerahkan bantuan berupa 16 mesin pompa air dan 1 mesin cultivator untuk 17 Kelompok Tani dibeberapa Kecamatan, yakni Kecamatan Sabak Auh,  Bungaraya, Tualang, Pusako, Sungai Apit, dan Sungai Mandau, yang bersumber dari dana APBN tahun 2024," paparnya.

Semoga dengan adanya bantuan ini hasil panen diharapkan dapat meningkat sehingga bisa meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Siak. Alfedri juga mengingatkan, kepada para petani jangan lupa untuk membayar zakat, khususnya zakat pertanian. 

"Setelah melaksanakan panen, jangan lupa bayar zakat. Karena didalam harta kita juga ada hak orang lain,. zakat sebagai pembersih sehingga memberikan keberkahan terhadap harta kita," ajak mantan camat Tualang itu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Siak Irwan Saputra menambahkan, untuk meningkatkan hasil produksi dan peningkatan ketahanan pangan di Kabupaten Siak, Dinas Pertanian Kabupaten Siak tetap memfasilitasi ketersediaan pupuk untuk di Kabupaten Siak. 

"Untuk alokasi pupuk bersubsidi, sudah kami salurkan kepada para kelompok tani, salah satunya untuk di Kecamatan Bungaraya penyalurannya sudah mencapai 95 persen Dan untuk di Kecamatan lainnya akan menyusul yang akan difasilitasi oleh kawan-kawan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL)," kata Mantan Kabag Tapem itu. (Infotorial)




Berita Terkait

Berita Populer

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Teknologi

Read More

Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video