Masih Ingat Wartawan Pelempar Sepatu ke Mantan Presiden AS, George Bush? Kini Jadi Caleg

By Bermadah 12 Mei 2018, 00:31:04 WIB Internasional
Masih Ingat Wartawan Pelempar Sepatu ke Mantan Presiden AS, George Bush? Kini Jadi Caleg

Keterangan Gambar : Wartawan Irak Muntazer al-Zaidi yang melemparkan sepatu kepada (mantan) Presiden AS George Bush, kini mencalonkan diri menjadi anggota legislatif Irak.(Foto/REUTERS/Denis Balibouse/Antaranews)


BERMADAH.CO.ID, BAGHDAD - Masih ingat dengan Wartawan pelempar sepatu kepada (mantan) Presiden Amerika Serikat (AS), George Bush pada tahun 2008 silam? Kini, Wartawan Irak itu menjadi Caleg, berjuang menjadi anggota parlemen. Kampanye yang dilakukan adalah antikorupsi dan sektarianisme yang disebutnya telah memporakporandakan negerinya.

Jurnalis televisi bernama Muntazer al-Zaidi itu mendadak terkenal ke seluruh dunia setelah dalam jumpa pers melemparkan sepatu kepada Bush di Baghdad pada 2008 silam.

Bush dua kali menghindari sepatu yang dilemparkan ke kepalanya. Akibat perbuatannya itu, Zaidi kemudian dipenjara selama enam bulan karena menyerang tamu negara.

Kini, Muntazer al-Zaidi berjuang menjadi anggota parlemen sebagai anggota dari gerakan pimpinan ulama Syiah terkemuka Moqtada al-Sadr yang milisinya terlibat dalam kampanye kekerasan melawan AS sewaktu menduduki Iran namun kemudian berubah menjadi melawan sektarianisme militan.

"Tujuan dan alasan utama sesungguhnya di balik pencalonan saya adalah memberantas korupsi dan membuangnya dari negara kami," kata Zaidi kepada Reuters.

"Saya dulu wartawan ketika saya melemparkan sepatu kepada Bush. Sebelum kejadian itu, sesudahnya dan sampai kini, saya anti pendudukan dan korupsi. Tapi orang-orang korup tidak mendengar rakyat yang menuduh mereka telah menyerah kepada korupsi. Oleh karena itu saya memutuskan masuk proses politik," paparnya. Demikian dilansir Antaranews.(***)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video