Optimalisasi Keadilan di Era Globalisasi

By Bermadah 03 Feb 2020, 04:51:37 WIB Opini
Optimalisasi Keadilan di Era Globalisasi

Keterangan Gambar : Ilma Nur Khamidah


BERMADAH.CO.ID - Di dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945 terkandung landasan subtansi dari hukum dan keadilan yaitu hukum dan keadilan yang mencerminkan adanya kedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan. Serta, dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Keadilan merupakan tuntutan sikap dan sifat yang seimbang antara hak dan kewajiban. Keadilan adalah penerapan hukum yang sesuai dengan yang ditetapkan oleh suatu tata hukum.

Dengan demikian, keadilan berarti mempertahankan tata hukum secara sadar dalam penerapannya. Hukum dibentuk untuk menegakkan keadilan, untuk melindungi segenap manusia dari penindasan, kedzaliman dan ketidakadilan lainnya. 

Namun apa yang kita lihat realitanya? Undang-undang yang dibuat apakah sudah berfungsi sebagaimana mestinya menegakkan keadilan?Masih saja terjadi,  keadilan belum seperti yang diharapkan. Walau Undang-undang itu pasti ada nafas keadilan didalamnya. 

Kenapa itu bisa terjadi? Apa yang salah dari semua ini? Fenomena alam dan kehidupan sosial telah mengajari kita tentang makna keadilan, didukung pula oleh ilmu agama. Jiwa keadilan pasti ada tiap individu, mereka memiliki hak untuk diperlakukan adil.

Keadilan dapat dimaknai sebagai legalitas. Adil jika suatu aturan diterapkan pada semua kasus di mana menurut isinya memang aturan tersebut harus diaplikasikan. Tidak adil jika suatu aturan diterapkan pada satu kasus tetapi tidak pada kasus lain yang sama.

Entah mengapa dengan negeri kita, negeri dengan kekayaan alam yang luar biasa, sumber alam yang ditunjang oleh kekayaan budaya, suku, dan bahasa, yang harus memberi keadilan bagi rakyatnya. Kemiskinan, kesenjangan sosial yang terjadi dimasyarakat berbanding terbalik dengan kehidupan kaum elit. 

Kemewahan, kebanggaan akan produk import, dan hal-hal lain yang membuat iri kaum bawah. Rasanya miris melihat fenomena itu, jerit menuntut keadilan Yang sama seperti kaum atas terabaikan oleh Wakil Rakyat yang sejatinya memperjuangkan aspirasi rakyat.

Teriakan rakyat yang kesulitan akan kebutuhan hidupnya tak mampu membuat para wakil rakyat bergerak.  Janji janji Yang mereka tebarkan kala mereka membutuhkan suara rakyat demi mendapat kembali kursi jabatan pemerintahan. 

Diam, termenung menatap indahnya rembulan dan bintang, hanya itu pelipur lara dan kesulitan hidup yang dialami. Hanya sebagai pelipur lara, kita masih bersyukur bisa menikmati hidup dalam kedamaian dalam himpitan penderitaan, menikmati tiap detik nafas kehidupan. 

Itulah satu-satunya pelipur lara. Saat ada yang berniat baik memperjuangkan keadilan demi rakyat, ada saja yang mengusik keberadaannya. Jiwanya merasa terancam, maka dengan berbagai macam cara dilakukan untuk menyingkirkannya.

Akhirnya tumbang sudah satu-satu para penegak keadilan. Rakyat kembali hanya bisa berharap, agar keadilan bisa ditegakkan. Entah... Siapa lagi yang akan berjuang melawan kelaliman penguasa yang mengabaikan keadilan rakyat.

Semoga dengan tulisan ini, nurani pejuang kita bisa bangkit kembali. Berjuang bersama demi keadilan dan keutuhan bangsa. Semoga!

Oleh: Ilma Nur Khamidah 

Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara

Fakultas Ilmu Administrasi 

Universitas Islam Malang




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video