Seorang Hakim di Thailand Tembak Dada Sendiri

By Bermadah 06 Okt 2019, 11:30:50 WIB Internasional
Seorang Hakim di Thailand Tembak Dada Sendiri

Keterangan Gambar : Ilustrasi


BERMADAH.CO.ID, THAILAND - Seorang hakim di Thailand, Karakorn Pianchana menembak dada sendiri di hadapan sidang pada Jumat (4/10) kemain. Aksi itu dilakukannya setelah diduga dipaksa mengubah putusan suatu perkara.

Diberitakan, Karakorn, seorang hakim yang bertugas di Pengadilan Yala, Thailand, memutus bebas beberapa tersangka pembunuhan. Dia kemudian mengutuk sistem peradilan kerajaan sebelum melakukan penembakan.

"Anda perlu bukti yang jelas dan kredibel untuk menghukum seseorang. Jadi, jika Anda tidak yakin, jangan menghukum mereka," ujar Karakorn, sebelum menembak dada sendiri, melansir AFP.

Saksi mengatakan, Karakorn juga sempat mengucapkan sumpah hukum di depan potret mantan Raja Thailand sebelum menembak dirinya sendiri.

Kini, Karakorn tengah mendapatkan perawatan intensif di RS. Belum ada laporan apakah dia tewas atau masih bisa diselamatkan.

Sementara, para pengamat hukum mengatakan, pengadilan Thailand sering kali menguntungkan orang-orang yang berkuasa. Hukum jarang berpihak pada warga biasa. Sesering apa pun pelanggaran yang dibuat, warga biasa akan langsung mendapatkan hukuman.

Sehubungan dengan peristiwa itu, Juru Bicara Kantor Kehakiman, Suriyan Hongvilai mengatakan, Karakorn menembak dirinya sendiri karena stres pribadi. Penyebab di balik stres akan diselidiki.

"Tak ada hakim Thailand yang pernah melanggar protokol dengan membuat pernyataan serupa," ujar Hongvilai seperti diberitakan.(***)

Sumber: cnnindonesia.com




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video