Tak Cegat Rudal Iran, Sistem Rudal Patriot AS Kebobolan?

By Bermadah 09 Jan 2020, 04:42:58 WIB Internasional
Tak Cegat Rudal Iran, Sistem Rudal Patriot AS Kebobolan?

Keterangan Gambar : Sistem pertahanan rudal MIM-104 Patriot buatan Raytheon Amerika Serikat. Foto/Defense World


BERMADAH.CO.ID, BAGHDAD - Diberitakan, tak satu pun dari 15 misil atau rudal Iran yang menyerang dua pangkalan militer Amerika Serikat (AS) di Irak ditembak jatuh atau dicegat oleh sistem pertahanan rudal Patriot. Padahal, pejabat pejabat AS di Baghdad mengonfirmasi bahwa sistem pertahanan itu berstatus aktif.

Setidaknya, 15 rudal Iran pada hari Rabu menargetkan pangkalan Ain al-Assad dan Erbil di Irak yang dioperasikan militer AS. Stasiun televisi pemerintah Iran mengklaim 80 orang Amerika tewas. Namun, Presiden Donald Trump dalam pidatonya di Gedung Putih menjelang Kamis (9/1/2020) dini hari WIB menyatakan tak satu pun orang Amerika maupun Irak yang tewas oleh serangan rudal-rudal Iran.

Serangan rudal Iran ini dilaporkan sebagai awal dari balas dendam atas kematian Jenderal top Iran, Qassem Soleimani, akibat serangan udara AS di Baghdad, Jumat pekan lalu.

Terlepas siapa yang benar antara klaim Teheran atau Washington terkait dampak serangan rudal di Irak kemarin, kinerja sistem pertahanan rudal Patriot menjadi pertanyaan dan sorotan media.

Para pejabat militer AS di Baghdad mengaku mendapat peringatan dini dari intelijen tentang serangan rudal balistik Iran sebelum serangan terjadi. Salah satu pejabat mengatakan kepada Fox News bahwa sistem pertahanan udara aktif saat peringatan diterima.

Menurut laporan Defense World, mayoritas misil yang ditembakkan rezim Iran adalah rudal Fateh-100, yang digambarkan oleh Teheran sebagai "rudal yang gesit, berkemampuan sembunyi-sembunyi, taktis dan presisi yang dapat menjangkau wilayah sejauh 300 km (180 mil) dengan membawa muatan sekitar 225 kg". Selain itu, ada juga misil Qiam-1, rudal balistik jarak jauh berbahan bakar cair yang memiliki jangkauan 800 km dan kapasitas untuk membawa hulu ledak 340kg.

“Personel AS yang diperingatkan sebelumnya dapat menemukan tempat berlindung di bungker bawah tanah. Sumber saya mengatakan tidak ada korban saat ini, tetapi laporan akhir belum tersedia untuk mereka yang saya ajak bicara," kata Alex Plitsas, mantan pejabat Pentagon dalam posting twitter setelah serangan Iran.

Sementara, laporan lain menyebutkan, pasukan proksi Iran di Irak juga menyerang sasaran AS dengan artileri roket yang tidak terarah.

Data Komando Pusat (CENTCOM) AS mengatakan Iran memang menembakkan 15 rudal balistik ke Irak. Sepuluh rudal menghantam Pangkalan Udara Ain al-Asad yang menampung pasukan AS, satu rudal menghantam pangkalan militer AS di Erbil. Empat rudal sisanya gagal menghantam sasaran.(***)

Sumber: sindonews.com




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video