Bayi dalam Kantong Plastik Ditemukan di Tg Samak

By Bermadah 22 Sep 2020, 19:25:44 WIB Meranti
Bayi dalam Kantong Plastik Ditemukan di Tg Samak

Keterangan Gambar : Kadis Sosial P3AP2KB Meranti, Agusyanto Bakar


BERMADAH.CO.ID, MERANTI - Menyusul ditemukannya sesosok bayi terbungkus didalam kantong plastik yang ditemukan di sebuah Becak, Dinsos P3AP2KB melalui Kepala UPTD PPA Suprapti dan Pekerja Sosial Indah didampingi Polsek Rangsang telah turun ke lapangan, Senin (21/9/2020). 

Bayi itu awalnya ditemukan sekitar pukul 21.15 WIB oleh seorang warga Tg Samak pada Minggu (20/9/2020). Ditemukannya sesosok bayi yang terbungkus dalam kantong plastik itu, tidak saja menghebohkan tetapi juga tak sedikit yang ingin mengadopsinya. Dapat di maklumi, mungkin karena sosok bayi laki-laki yang ditemukan itu cukup ganteng dan bersih. 

Ditemui di ruang kerjanya, Selasa (22/9/2020), Kadis Sosial P3AP2KB Agusyanto Bakar mengatakan, memang banyak yang ingin mengadopsi bayi tersebut. 

"Betul, memang banyak yang menginginkan bayi itu. Namun bayi tersebut boleh diadopsi oleh calon orang tua angkat dengan syarat-syarat yang telah ditentukan melalui proses assesmen. Hasil dari assesmen yang dilakukan oleh pekerja sosiallah yang nantinya menentukan calon orang tua angkat yang tepat dan ini sesuai dengan amanah aturan pengangkatan anak," terang Agusyanto.

Bayi tersebut telah diserahkan oleh Polsek Rangsang kepada Dinsos P3AP2KB sesuai dengan Surat Keterangan melalui Berita Acara penyerahan bayi dalam kondisi sehat dengan berat badan 3,1 Kg dan panjang 48 cm.

"Bayi tersebut diserahkan ke Dinsos P3AP2K dengan alasan, bahwa bayi ini termasuk kategori anak terlantar. Sesuai aturan yang ada, bahwa anak terlantar merupakan tanggung jawab pemerintah melalui Dinsos. Bayi itu dititipkan di kediaman Ka UPTD dan secara rutin reguler dilakukan cek kesehatan. Kita sangat mempertimbangkan dan memprioritaskan kesehatan bayi tersebut, apa lagi di tengah virus Covid yang mewabah saat ini," ungkap Kadissos itu.

Ketika disinggung sampai kapan berlangsungnya proses pengurusan bayi ini sampai ditemukannya orang tua bayi atau ditemukannya orang tua angkat untuk bayi ini, Agusyanto Bakar menjelaskan:

"Kasus ini telah ditangani aparat Kepolisian dan dalam konteks Tupoksi Dinsos. Melalui publikasi ini kami juga menyampaikan, bahwa dengan ciri-ciri berat badan 3,1 kg dan panjang 48 cm, jika ada yang merasa sebagai orang tua atau keluarga bayi tersebut dapat menghubungi Polsek Rangsang atau Dinsos melalui UPTD PPA dan Peksos Dinsos P3AP2KB dengan membawa bukti-bukti yang mendukung dan dapat dipertanggung jawabkan," ungkapnya.

Dikatakannya, jika selama 3 (tiga) pekan tidak ada yang mengakuinya, maka sesuai ketentuan yang berlaku Dinsos P3AP2KB akan mengajukan surat penetapan keterlantaran anak kepada Pengadilan Negeri Bengkalis, terhitung sejak berita ini dipublikasikan, Selasa (22/9/2020). 

"Ya selama tiga pekan. Bila tidak ada, kami akan mengajukan surat penetapan keterlantaran anak kepada Pengadilan Negeri Bengkalis yang selanjutnya akan dilakukan proses assesmen untuk menentukan calon orang tua angkat yang tepat dan sesuai dengan amanah aturan pengangkatan anak," tutup Agus.(Zulfikar)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video