DPRD Pekanbaru Gelar Rapat Paripurna Hari Jadi Pekanbaru ke 239

By Bermadah 23 Jun 2023, 21:27:31 WIB Gallery
DPRD Pekanbaru Gelar Rapat Paripurna Hari Jadi Pekanbaru ke 239

Keterangan Gambar : Foto bersama Pj Walikota dengan para pimpinan DPRD Kota Pekanbaru sebelum masuk ke ruang paripurna


BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU-- Rapat Paripurna dalam rangka Hari Jadi Pekanbaru Ke-239 yang digelar di Balai Payung Sekaki DPRD Pekanbaru berlangsung khidmat, Jumat (23/6/2023) siang.

Gubernur Riau Syamsuar hadir langsung dalam rapat paripurna tersebut. Tampak juga sejumlah Pejabat Forkopimda Riau dan Pekanbaru.

Syamsuar dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemerintah Provinsi Riau, pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada DPRD Pekanbaru atas penyelenggaraan sidang paripurna dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pekanbaru ke - 239 tahun 2023.

Sidang dewan seperti ini diselenggarakan untuk memberikan makna dan arti penting bagi kelahiran sebuah daerah oleh masyarakat Kota Pekanbaru.

"Tidaklah berlebihan kiranya kami sampaikan bahwa momentum peringatan hari jadi ini telah menjadi catatan penting bagi legislatif dalam membuat warna baru penyelenggaraan hari jadi yang tidak hanya semarak dengan even seremonial, tetapi tercatat dalam lembaran Daerah sebagai sebuah agenda rutin Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Pekanbaru sekaligus sebagai produk legislatif yang sangat monumental,” kata Syamsuar.

Ia menuturkan, pembangunan suatu daerah merupakan kewajiban untuk mewujudkan peningkatan dan pemerataan pendapatan masyarakat, kesempatan kerja, lapangan berusaha, meningkatkan akses dan kualitas pelayanan publik dan daya saing Daerah.

Keberhasilan pembangunan ini dapat dilihat dari capaian indikator makro pembangunan Provinsi Riau yang merupakan kontribusi dari Kabupaten/Kota, termasuk Kota Pekanbaru yakni Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Riau meningkat menjadi 4,55% pada tahun 2022 dibandingkan tahun 2021 sebesar 3,36%.

"Kota Pekanbaru berkontribusi paling tinggi terhadap pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau dengan tingkat pertumbuhan tahun 2022 sebesar 6,78%, angka ini diatas pertumbuhan Provinsi," ungkapnya.

Selanjutnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2022 sebesar 73,52, (kategori tinggi) mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2021 sebesar 72,94. Kota Pekanbaru berkontribusi paling tinggi terhadap Provinsi Riau dibandingkan kabupaten/kota lainnya, dengan IPM Kota Pekanbaru tahun 2022 sebesar 82,06 (katogori sangat tinggi).

Tingkat Pengangguran Terbuka pada tahun 2022 sebesar 4,37%, membaik dibandingkan tahun 2021 sebesar 4,42%. Kota Pekanbaru dengan Tingkat Pengangguran Terbuka tahun 2022 sebesar 6,40% dibawah capaian Provinsi, namun berhasil menurunkan secara signifikan dari tahun 2021 mencapai 8,29%.

Tingkat Kemiskinan menurun dari 7,00% pada tahun 2021, menjadi 6,84% pada tahun 2022. Kota Pekanbaru dengan tingkat kemiskinan paling rendah dibandingkan Kabupaten/Kota lainnya se Provinsi Riau tahun 2022 sebesar 2,83%.

Dalam pelaksanaan pembangunan, Pemerintah telah membagi kewenangan mulai dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

"Namun demikian sebagai wujud perhatian Provinsi kepada Kabupaten/Kota se Provinsi Riau, termasuk Kota Pekanbaru dengan beberapa Bantuan Keuangan dan kebijakan yang menjadi kewenangan Provinsi pada APBD Provinsi Riau untuk Kota Pekanbaru, diantaranya bidang pendidikan," sebutnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP dalam kesempatan ini menyampaikan, ucapan terima kasih kepada semua anggota DPRD Pekanbaru, unsur forkompimda, akademisi, pihak swasta yang sudah bahu-membahu membangun Kota Pekanbaru, hingga sampai berkembang pesat saat ini.

"Semoga Kota Pekanbaru lebih baik lagi ke depannya. Tentunya hubungan harmonis ini, terus terjalin," harapnya.

Diakui Bang Uun begitu panggilan akrabnya, memang punya tugas berat selama menjabat Pj Wali Kota, dan ini di usia 239 Kota Pekanbaru adalah tahun keduanya.

Dijelaskan Uun, HUT Pekanbaru ke-239 ini, Pemko Pekanbaru mengusung tagline Pekanbaru Bergerak, Tumbuh dan Bermarwah.

Pekanbaru Bergerak artinya mencerminkan semangat yang tinggi. Sedangkan Pekanbaru Tumbuh dan Bermarwah artinya, masyarakat dan pemerintah harus bersama untuk mencapai semua aspek yang ada, namun sesuai dengan marwah Kota Pekanbaru. 

Terakhir, Ketua DPRD Pekanbaru Muhammad Sabarudi ST berharap peringatan Hari Jadi ke-239 tahun ini Kota Pekanbaru semakin hari semakin meningkat pembangunannya. Baik infrastruktur, pelayanan, pendidikan dan sektor lainnya.

"Apa yang sudah baik, tentu akan dipertahankan dan dievaluasi dan ditingkatkan. Kota Pekanbaru ini harus sama-sama kita majukan," tutup Politisi PKS tersebut. (***)

Para anggota DPRD yang hadir saat paripurna

Suasana paripurna dalam rangka Hari Jadi Pekanbaru Ke-239

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Kota Pekanbaru M Sabarudi

Para pimpinan DPRD, Pj Walikota dan Gubernur Riau yang duduk di depan

Para istri anggota DPRD dan tamu undangan yang hadir




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video