Empat Tahun Diskominfo, Berikut Prestasi yang Sudah Diraih

By Bermadah 18 Sep 2024, 19:53:37 WIB Rohil
Empat Tahun Diskominfo, Berikut Prestasi yang Sudah Diraih

BERMADAH.CO.ID, ROHIL - Selama empat tahun berdiri, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) telah mencatat berbagai prestasi yang didukung oleh 30 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan 127 Pegawai Tidak Tetap (PTT). Meskipun masih terbilang muda, Diskominfo Rohil terus menunjukkan komitmennya untuk memberikan layanan terbaik dalam bidang teknologi informasi, komunikasi, dan statistik. 

"Prestasi yang kita raih bukan hanya diakui di tingkat lokal, tetapi juga mendapat apresiasi dari kementerian," ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian, Indra Gunawan, SE, MH di sela-sela acara Tribun Award yang diberikan kepada Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong, di Pekanbaru, Selasa (17/9/2024) malam. 

Indra, Kepala Dinas Diskominfo Rohil, menjelaskan bahwa dinas yang dipimpinnya terbagi ke dalam empat bidang, yaitu bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Aplikasi Informatika (Aptika), Statistik, dan Persandian. Salah satu prestasi signifikan adalah dalam bidang Aptika, di mana Diskominfo Rohil telah melahirkan berbagai inovasi digital yang diakui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). 

Berkat inovasi ini, indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Rokan Hilir terus meningkat setiap tahunnya. Selain itu, Diskominfo juga berhasil mengintegrasikan layanan internet satu pintu yang mencakup seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga tingkat kecamatan, yang mempermudah komunikasi dan layanan publik.

Lebih lanjut, Indra menegaskan bahwa peran para PTT di Diskominfo Rohil sangat strategis. Mereka sebagian besar bertugas sebagai tenaga IT, pengolah data statistik, konten kreator, desainer grafis, Fotographer, Videographer, Reporter hingga media relations. Keahlian para PTT ini menjadi tulang punggung operasional dan kreatif yang mendukung pencapaian target Diskominfo, khususnya di bidang publikasi. 

Tidak hanya di bidang informatika, prestasi signifikan juga diraih Diskominfo Rohil di bidang statistik. Pada tahun 2023, Diskominfo meraih predikat terbaik se-Provinsi Riau dalam penyelenggaraan statistik sektoral. Penghargaan ini menunjukkan komitmen Diskominfo dalam menyediakan data akurat dan relevan untuk mendukung pengambilan kebijakan.

Pada tahun 2024, Diskominfo Rohil kembali meraih prestasi dengan nilai tertinggi se-Provinsi Riau dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS), dengan Indeks Pembangunan Statistik (IPS) 2,20, dan menjadi satu-satunya kabupaten di Provinsi Riau yang telah menerbitkan Surat Keputusan Kepala Daerah terkait Penyebarluasan Data Statistik Sektoral Daerah (DSSD) pada Fitur E-Walidata SIPD RI.

Selain itu, Diskominfo Rohil juga berhasil meyakinkan kementerian untuk memberikan dukungan infrastruktur. Pada tahun ini, Diskominfo memperoleh enam tower seluler baru serta bantuan 88 titik VSAT jaringan internet yang disalurkan ke sekolah-sekolah dan kantor kepenghuluan maupun kelurahan. Hal ini semakin memperkuat konektivitas di Kabupaten Rokan Hilir.

Dalam bidang IKP, Diskominfo Rohil aktif mempublikasikan berbagai program dan kegiatan Pemerintah Daerah melalui berbagai platform. Website Media Center yang dikelola Diskominfo menjadi sumber informasi terpercaya bagi masyarakat. Tak hanya itu, media sosial seperti TikTok, Instagram, Twitter, dan Facebook yang dikelola oleh dinas ini berhasil menarik ribuan pengikut dari generasi Millenial, Gen Z  dan dari Netizen baik dari Indonesia maupun luar negeri berdasarkan data grafik kunjungan di sistem platform tersebut . 

Hal ini membuktikan efektivitas strategi komunikasi digital yang diterapkan Diskominfotik berhasil. Selain itu, bidang IKP juga sukses meningkatkan pelayanan informasi publik melalui PPID utama, yang meraih predikat "informatif" dalam ajang KI Award 2023 yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Riau.

Prestasi lain yang tak kalah penting adalah dalam bidang persandian, di mana Diskominfo Rohil berhasil mengembangkan dan mengimplementasikan tanda tangan elektronik di seluruh OPD, kecamatan, hingga ke tingkat desa. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi administrasi, tetapi juga memastikan keamanan data dalam proses pemerintahan. 

Dengan berbagai capaian ini, Indra menegaskan bahwa Diskominfo Rohil akan terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat dan berperan aktif dalam mendukung pembangunan daerah. "Prestasi yang diraih dalam waktu singkat ini menjadi bukti bahwa inovasi dan kolaborasi yang baik dapat membawa perubahan positif yang signifikan di instansi kami," tutupnya. 

Terpisah, Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong sangat apresiasi dengan pencapaian yang sudah diraih Diskominfotik Rohil empat tahun belakangan ini. Bupati berharap, seluruh ASN dan PPT di dinas Kominfo agar terus bekerja keras dan melakukan inovasi berkesinambungan demi peningkatan pelayanan publik di kabupaten Rokan Hilir. (rls)




Berita Terkait

Berita Populer

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Teknologi

Read More

Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video