Kapal yang Hilang 1 Abad Ini Ditemukan di Antarktika

By Bermadah 10 Mar 2022, 11:20:42 WIB Teknologi
Kapal yang Hilang 1 Abad Ini Ditemukan di Antarktika

Keterangan Gambar : Bangkai kapal Endurance milik penjelajah kutub, Ernest Shackleton, yang hilang pada 1915 silam akhirnya ditemukan di Antarktika pada Rabu (9/3). (Falklands Maritime Heritage Trust/National Georgraphic via AP).(cnnindonesia.com)


BERMADAH.CO.ID - Bangkai kapal Endurance milik penjelajah kutub, Ernest Shackleton, yang hilang pada 1915 silam akhirnya ditemukan di Antarktika pada Rabu (9/3).
Reuters melaporkan, organisasi Falklands Maritime Heritage Trust menemukan bongkahan kapal tersebut dalam misi Endurance22.

Dalam misi itu, mereka menggunakan kendaraan bawah air terbaru bernama Sabertooths yang dilengkapi kamera dan pemindai berkualitas tinggi.

Satu gambar yang tersebar menunjukkan kapal tersebut berada dalam kondisi bagus, dengan namanya terlihat jelas di bagian belakang.

"Kami sangat tercengang dengan keberuntungan kami," kata direktur eksplorasi ekspedisi tersebut, Mensun Bound, kepada Reuters.

"Sejauh ini, bangkai kapal kayu ini merupakan yang terbaik yang pernah saya lihat. Ia berdiri tegak di dasar laut, dan terawetkan dengan sangat baik."

Australia Klaim Temukan Bangkai Kapal Kapten James Cook, AS Protes
Ekspedisi ini dipimpin oleh penjelajah kutub Inggris, John Shears. Mereka bergerak menggunakan kapal pemecah es Agulhas II.

Ini bukanlah ekspedisi pertama yang dilakukan untuk menemukan kapal Endurance. Sebelumnya, penjelajah Frank Worsley juga sempat melakukan ekspedisi pencarian.

Namun, ekspedisi yang dilakukan Worsley gagal karena kondisi Laut Weddell yang tak bersahabat, mengingat kala itu laut tersebut tertutup es.

Tim Shears kemudian menemukan kapal Endurance sekitar 6 kilometer dari posisi yang tercatat oleh Worsley saat ekspedisi sebelumnya.

Kapal Endurance sendiri hilang pada November 1915, kala Shackleton berupaya melakukan penjelajahan perdana melewati Antarktika.

Saat itu, Endurance terdampar di dataran es, tapi 28 awak kapal berhasil selamat. Kisah mereka menjadi salah satu cerita penyelamatan terbaik dalam sejarah umat manusia.

Mereka berjalan melintasi daratan es. Tim itu menggantungkan hidup pada penguin dan anjing laut. Mereka kemudian berlayar dengan tiga sekoci dan tiba di Pulau Gajah.

Sesampainya di pulau tak berpenghuni itu, Shackleton dan sejumlah krunya mendayung ke arah Georgia Selatan, yang berjarak sejauh 1.300 km, menggunakan kapal James Caird.

Shackleton dan timnya kemudian meminta bantuan dari stasiun perburuan paus. Setelah itu, Shackleton kembali ke Pulau Gajah untuk menjemput sisa awak kapalnya pada Agustus 1916.(***)

Sumber:cnnindonesia.com




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 4 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video