Rusia Bakal Kurangi Serangan di Kyiv dan Chernihiv Ukraina

By Bermadah 30 Mar 2022, 11:08:08 WIB Internasional
Rusia Bakal Kurangi Serangan di Kyiv dan Chernihiv Ukraina

Keterangan Gambar : Ilustrasi pasukan Rusia di Ukraina. (Reuters/Alexander Ermochenko).(cnnindonesia.com)


BERMADAH.CO.ID - Pihak Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan langsung rencana mengurangi serangan. Dari pemberitaan, hal ini disampaikan melalui akun Telegram resmi mereka pada hari Selasa (29/3/2022).Rusia mengklaim bahwa pasukan negaranya bakal menurunkan serangan "secara drastis" di Kyiv dan Chernihiv, Ukraina. Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan langsung rencana ini melalui akun Telegram resmi mereka pada hari ini, Selasa (29/3).

"[Kami] akan mengurangi secara drastis aktivitas militer [di Kyiv dan Chernihiv]," demikian pernyataan Kemenhan Rusia yang dikutip kantor berita RIA, sebagaimana dikutip CNN.

Diberitakan media, Wakil Menteri Pertahanan Rusia, Alexander Fomin, mengonfirmasi bahwa negaranya memang bakal mengurangi serangan seiring dengan dialog dengan Ukraina yang sedang berlangsung di Turki.

"Mengingat negosiasi persiapan kesepakatan netralitas dan status non-nuklir Ukraina, pun persyaratan jaminan keamanan untuk  Ukraina sedang dilakukan, Kemenhan Rusia memutuskan secara keseluruhan, di waktu tertentu, mengurangi aktivitas militer di Kyiv dan Chernihiv."

Menurut Fomin, keputusan ini diambil untuk meningkatkan kepercayaan antara Rusia dan Ukraina, dan membangun kondisi yang sesuai untuk negosiasi selanjutnya.

Dalam dialog, negosiator Ukraina mengajukan proposal bahwa negaranya siap mengadopsi status netral dengan syarat kesepakatan jaminan keamanan.

Sebagaimana dilansir Reuters, status netral berarti Ukraina tak akan bergabung dengan aliansi militer apapun atau menjadi tuan rumah pangkalan militer asing.

Namun, Ukraina tetap ingin memiliki jaminan keamanan dari kekuatan internasional, seperti dari Polandia, Israel, Turki, dan Kanada.

Sementara dialog berlangsung, Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengklaim sejumlah unit militer Rusia mundur dari pertempuran di Kyiv dan Chernihiv.

Namun, Ukraina mewanti-wanti pasukan Rusia masih berpotensi menyerang infrastruktur militer dan sipil di negaranya.(***)

Sumber: cnnindonesia.com




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video