Gelar Unjuk Rasa, Masa Serukan Bela Muslim Uighur

By Bermadah 22 Des 2018, 02:06:08 WIB Pekanbaru
Gelar Unjuk Rasa, Masa Serukan Bela Muslim Uighur

BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - Berbagai komponen masyarakat menggelar aksi unjuk rasa di Pekanbaru, Jumat (21/12/2018). Massa mewnyerukan untuk membela Muslim Uighur. Beberapa tempat di Pekanbaru menjadi lokasi para pengunjuk rasa.

MRI Wilayah Riau, Aliansi Pemuda Islam dan ACT menggelar unjuk rasa di Bundaran Tugu Zapin. Sementara, HMI Pekanbaru juga melakukan aksi serupa di Jalan Sudirman, di depan Kanwil Kemenkumham Riau, mengecam dan menyerukan untuk membela kaum Muslim Uighur. Sedangkan massa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Riau mendesak pemerintah pusat segera mengambil tindakan tegas terkait dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang dialami Muslim Uighur di Provinsi Xinjiang.

Beberapa hal menjadi seruan dan catatan penting para pengunjuk rasa. Seruan bela Muslim Uighur menjadi tema utama. Selain itu, dalam orasinya, perwakilan massa mengatakan bahwa kebebasan (HAM) telah diatur dalam deklarasi universal HAM, PBB. Untuk itu, PBB diminta untuk melakukan investigasi terhadap apa yang dialami Muslim Uighur. Sikap tegas PBB menjadi seruan massa aksi. Massa mengecam pemerintah Tiongkok.

Sehubungan dengan hal tersebut, pihak Pemerintah Indonesia diminta untuk melakukan komunikasi dengan Tiongkok serta menyuarakan untuk memberikan bantuan. Berbagai spanduk dibawa para pengunjuk rasa yang isinya mengecam peristiwa yang dialami kaum Muslim Uighur.(***)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video