Peringatkan AS, UE Sebut tak Ada Alternatif Lain Soal Nuklir Iran

By Bermadah 23 Mei 2018, 00:05:31 WIB Internasional
Peringatkan AS, UE Sebut tak Ada Alternatif Lain Soal Nuklir Iran

Keterangan Gambar : Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Federica Mogherini


BERMADAH.CO.ID, BRUSSELS - Uni Eropa (UE) menyatakan, tidak ada alternatif untuk kesepakatan nuklir Iran. Penegasan ini merupakan respon atas pernyataan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo.

Sebelumnya, Pompeo melemparkan ultimatum kepada Iran yang berisi 12 tuntutan keras terhadap Teheran yang akan dimasukkan dalam perjanjian nuklir yang baru. Jika 12 tuntutan itu tidak dipenuhi, maka AS akan menjatuhkan sanksi terbesar dalam sejarah kepada Iran.

Menurut Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa (UE) Federica Mogherini, apa yang disampaikan oleh Pompeo menunjukan bahwa sejatinya tidak ada alternatif lain untuk menggantikan kesepakatan nuklir Iran. Keputusan AS untuk keluar dari kesepakatan itu, kata dia, merupakan keputusan yang salah.

"Pidato Pompeo belum menunjukkan bagaimana berjalan menjauh dari JCPOA telah membuat atau akan membuat kawasan itu lebih aman dari ancaman proliferasi nuklir atau bagaimana menempatkan kita dalam posisi yang lebih baik untuk mempengaruhi perilaku Iran di daerah-daerah di luar lingkup JCPOA," ujar Mogherini, menggunakan nama resmi kesepakatan nuklir Iran.

"Tidak ada alternatif untuk kesepakatan nuklir Iran, karena kesepakatan itu secara resmi dikenal (oleh dunia internasional)," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya, Selasa (22/5/2018).

Terkait dengan ultimatum AS, Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan dunia akan tidak menerima ultimatum sepihak AS terhadap Teheran. 

Rouhani kemudian mengatakan era AS membuat keputusan untuk seluruh dunia sudah berakhir. Demikian dilansir Sindonews. (red)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video