LAM Sungai Apit Adakan Kenduri Nasik, Sempena Menyambut Bulan Ramadan 1445 H/2024 M

By Bermadah 08 Mar 2024, 10:35:49 WIB Siak
LAM Sungai Apit Adakan Kenduri Nasik, Sempena Menyambut Bulan Ramadan 1445 H/2024 M

BERMADAH.CO.ID, SIAK - Lembaga Adat MeLayu (LAM) Kecamatan Sungai Apit, menjelang tibanya Bulan Suci Ramadan, mengadakan acara Kenduri Nasik yang dilaksanakan di Lapangan Kantor LAM  di jalan SMA Ujung tepatnya Berdampingan Lapangan Sepak Bola Wahit Rahmat Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak Riau Kamis (7/3/2024).

Andi Putra, selaku Ketua LAM, kecamatan Sungai Apit  pada sambutanya, tujuan diadakan acara Kenduri Nasik ini, tidak lain untuk mendekatkan Hubungan Silaturahim Sesama Umat Muslim.

"Tentunya. Dan momen seperti ini juga, Sangat jarang dilakukan, Maka kami seiring dengan mendekat Bulan Suci Ramadhan 1445.H /2024.M Kami Adakan Acara Seperti ini," kata Andi Putra.

Di Waktu Yang Sama Juga, Andi Putra beserta seluruh Anggota dan seluruh majelis kerapatan adat Kecamatan Sungai Apit, memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada ketua-ketua yang hadir, sehingga menyambut bulan yang penuh berkah ini diberi kesehatan dan kesempatan untuk Saling Memaafkan.

"Sekali lagi kami mohon maaf yang sebesar-besarnya," ucapnya.

Tambahnya Lagi, ia mengucapkan rasa syukur karena Pemilu telah berjalan Aman damai dan tertib. Artinya di Kecamatan Sungai Apit Ini. Alhamdulillah tidak ada masalah-masalah yang besar. 
Dan diharapkan ke depanya terlaksana dengan sebaik-baiknya.

"Dengan Harapan juga yang mana pada siang hari ini jika nanti terdapat kekurangan asam garamnya tentu kami sebagai yang memiliki acara mohon maaf terlebih dahulu . Dengan suka kita sambut bulan suci Ramadan Semoga kita mendapat ridho Allah SWT," pungkas Andi Putra.

Camat Sungai Apit Tengku Mukh Tasyar. S. Sos. MSi di tempat yang sama juga mengatakan, pada siang hari yang berbahagia ini kembali menyampaikan ucapan rasa syukur agar diberi kesehatan dan lindungan dari Allah SWT.

"Kita berkumpul di sini dalam majelis yang dimuliakan ini untuk bertatap muka bersilaturahim dengan niat yang tulus dan ikhlas. Mudah-mudahan pertemuan dan keikhlasan kita bersama silaturahmi pada siang hari ini Allah ridho dan kegiatan kita ini begitu mengharapkan keberkahan dan rahmat darinya," ungkapnya .

"Mari kita bersama memperbanyak sholawat di bulan Sya'ban ini . tentu kita berharap fadilahnya dengan kebaikan-kebaikan keseluruhan dari Allah dan kita diakui sebagai umatnya dan mendapat syafaat di yaumil Akhir.
Muhk Tasyar juga Memberikan apresiasi yang memiliki tingginya atas kegiatan adat yang kita buat ini yang dilaksanakan dari Raja oleh lembaga adat Melayu Riau di Kecamatan Sungai Apit," sebutnya. 

"Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kita telah kita rasa kegembiraan kita memasuki bulan suci Ramadan yang Insyaallah akan hadir di tengah-tengah kita pada minggu ke depan. Kami tentu berharap ini terus menjadi ciri khas bagi kita kita melayu ini satu identik dengan Islam," tambahnya. 

"Jadi kegiatan-kegiatan yang berbau dengan ritual-ritual ke Agamaan lembaga adat Melayu harus tetap hadir di sini apapun nama jenisnya Insyaallah kalau kita sudah hadir artinya para ulama para tokoh adat tetap hadir di sini dalam kegiatan-kegiatan, sehingga kita mampu menunjukkan eksistensi kita di tengah-tengah masyarakat . 
kehadiran Lembaga ini tidak hanya menjadi sebuah simbol saja tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap kepentingan-kepentingan masyarakat yang harus kita pentingkan untuk kebutuhan-kebutuhan mereka," jelasnya.

Kehadiran Inilah diharapkan sehingga dengan sedikit banyaknya kita mulai daripada hal yang kecil kehadiran kehadiran kita dengan kegiatan-kegiatan yang sudah diagendakan ini , masyarakat kita juga akan bisa menjadi lebih kompak lagi. hadirnya kita semua di sini, merupakan sebuah simbol bagi kita menunjukkan kepada masyarakat bahwa kepada kita masyarakat kita bahwa kita dalam tatanan kekompakan dan kesatuan yang utuh.ini yang kita harapkan jangan sampai kita ada bercerai-berai. 

Pandangan politik yang baru-baru ini dilaksanakan dengan pelaksanaan pemungutan suara walaupun tahapannya belum selesai, itu tidak mengindahkan kita untuk bercerai-berai  oleh karena pilihan masing-masing ke problem ini, apalagi tahun-tahun politik. 
Apalagi lembaga adat  diguncang sana diguncang ke sini akhirnya yang di bawah juga yang menjadi korban.

"Kami menginginkan posisi kita tetap berkompak tidak terpengaruh oleh sana sini mudah-mudahan kita ke depan juga dapat membangun komunikasi yang baik antara Umaroh pemimpin yang ada di kampung, kelembagaan kelembagaan pemerintahan dan kelembaban masyarakat yang ada beserta seluruh tokoh-tokoh masyarakat kita yang ada di sini bisa berhimpun memberikan kontribusi positif. Mulai dari pada Terumbu masjid sampai keturunan besar," terangnya. 

"Kita yang di sana-sini hendaknya menjadi sebuah intropeksi diri untuk mengevaluasi diri kita di masa-masa yang akan datang. Ini bulan bulan Sya'ban ini akan habis akan lewat dan kita juga harus tahu yang akan datang Ini adalah bulan suci dan kita juga harus mengenal apa kesuciannya apa tamu ini bagaimana jangan-jangan nanti tamunya sudah datang baru balik baru tahu tamunya sudah pergi tak ada gunanya lagi," ujarnya. 

"Dari sekarang kita kenali tamu yang akan datang mengunjungi kita ini siapa kalau telah kita tahu tidak kenal telah dia balik Oh itu kan kita tahu kadang-kadang kita lupa para silaturahim kita perkuat adat kekuatan kita apalagi aqidah kita mudah-mudahan semboyan peneguhan kesatuan kita ini semakin kokoh dan akidah kita juga  semakin mantap sendi-sendiri dengan semaksimal mungkin," tutup Muhk Tasyar.

Hadir pada Acara Tersebut, Camat Sungai Apit, Ketua MUI, KUA, Danramil yang Mewakili, Polsek yang Mewakili, Serta Pemuka Masyarakat Kecamatan Sungai Apit.(Darwis)




Berita Terkait

Berita Populer

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Teknologi

Read More

Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video