Pasca Pemekaran Wilayah 2021, DPRD Tegaskan Pemko Permudah Pelayanan Masyarakat

By Bermadah 15 Des 2020, 16:20:27 WIB Pekanbaru
Pasca Pemekaran Wilayah 2021, DPRD Tegaskan Pemko Permudah Pelayanan Masyarakat

BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru menegaskan kepada Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat yang terdampak akibat pemekaran beberapa wilayah diawal tahun 2021.

Pelayanan yang dimaksud ialah perubahan Administrasi Kependudukan (Adminduk) seperti perubahan data Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan hal lainnya.

Hal itu ditekankan oleh anggota Komisi I DPRD Kota Pekanbaru Zainal Arifin minta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar mempermudah pelayanan perubahan administrasi tersebut. 

"Kepada OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang terdampak akibat pemekaran tersebut," tegas Zainal.

Bila perlu, Zainal mengingatkan instansi vertikal dapat juga dilibatkan dalam pengurusan perubahan data adminduk masyarakat tersebut, agar masyarakat tidak bingung dan dapat dikoordinir dengan baik.

"Kalau bisa, adanya kerja sama dengan instasi vertikal dalam hal ini Polri," saran Zainal. 

Politisi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini menjelaskan kenapa adanya pemekaran wilayah di Kota Pekanbaru, yang diawal tahun 2021 akan menjadi 15 Kecamatan. 

"Adanya pemekaran ini, (bertujuan, red) semakin cepatnya pembangunan di Kota Pekanbaru, baik itu masalah infrastruktur dan lainnya," jelasnya. 

RT RW, harap Zainal, juga memberikan kontribusi kepada masyarakatnya dalam hal pelayanan perubahan adminduk. 

"RT RW diharapkan juga untuk memiliki peran, mulai dari pendataan, bila perlu membantu pengurusan secara kolektif," tukasnya. 

Diketahui, jumlah kecamatan di Kota Pekanbaru bertambah dari 12 kecamatan menjadi 15 kecamatan di Tahun 2021. Ada tiga kecamatan yang dimekarkan yakni Kecamatan Tampan akan dihapus dan dipecah menjadi Kecamatan Bina Widya dan Kecamatan Tuah Madani.

Kecamatan Kulim hasil pemekaran  dari Kecamatan Tenayan Raya. Kecamatan Rumbai juga mekar menjadi Kecamatan Rumbai Barat dan Kecamatan Rumbai Timur. Kecamatan Rumbai Pesisir berganti nama menjadi Kecamatan Rumbai. (Eza)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video