Peparnas XVII Solo 2024 Resmi Dibuka Presiden Jokowi, Riau Targetkan 10 Besar

By Bermadah 07 Okt 2024, 00:52:57 WIB Olahraga
Peparnas XVII Solo 2024 Resmi Dibuka Presiden Jokowi, Riau Targetkan 10 Besar

BERMADAH.CO.ID, SOLO - Warna-warni kembang api menghiasi angkasa saat pembukaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII 2024 di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (6/10/2024) malam. Atlet yang akan bertanding pada ajang Peparnas Solo 2024 akan dimulai pada 7-13 Oktober. 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama ibu negara Iriana secara resmi membuka pelaksanaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII Solo 2024. Pada ajang olahraga atlet disabilitas Peparnas XVII 2024 diikuti 3.049 atlet, 1.576 pelatih dan ofisial yang terdiri dari 35 Provinsi di Indonesia.

Pada sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia patut berbangga karena prestasi atlet paralimpik karena prestasinya sangat luar biasa dan sangat membanggakan yaitu tiga kali berturut-turut menjadi juara umum pada ASEAN Para Games. Juara umum ASEAN Para Games 2017, 2022 dan 2023.

"Oleh sebab itu mari kita sukseskan pelaksanaan Peparnas XVII Solo 2024 dalam melahirkan atlet-atlet potensial dan mencetak rekor baru," kata Jokowi Jokowi dalam sambutannya.

Lebih lanjut dikatakannya, tetapi juga melalui Peparnas XVII Solo 2024 sebagai panggung kesetaraan bagi seluruh atlet disabilitas untuk menampilkan kemampuan terbaiknya. 

"Mari kita wujudkan suasana persaudaraan dan berjuang dengan semangat sportivitas. Saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Surakarta dan masyarakat Jawa Tengah atas dukungan dalam pelaksanaan Peparnas XVII Solo 2024 ini," ungkapnya.

National Paralympic Committee (NPC) Riau menargetkan masuk 10 besar dengan 30 emas pada ajang iven nasional tersebut dengan mengirimkan 149 atlet untuk mengikuti Peparnas XVII Solo 2024.

Sementara itu, Ketua NPC Riau, Jaya Kusuma mengatakan, pada pelaksanaan Peparnas Solo 2024 ini, dirinya menargetkan Riau bisa masuk klasemen 10 besar dengan perolehan 30 emas, 42 perak dan 52 perunggu. 

"Mudah-mudahan target kita tercapai masuk 10 besar dengan 30 emas, 42 perak dan 52 perunggu," ujarnya.

Jaya Kusuma mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah mensupport atlet NPC Riau dalam mengikuti Peparnas Solo 2024. "Kami sudah siap untuk bertarung di Peparnas Solo 2024 dengan TC hanya satu bulan penuh," ujar Jaya Kusuma.

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk persiapan atlet yang akan mengikuti Papernas sudah menjalani TC penuh. Termasuk Cabor boling yang sebelumnya latihan di Pekanbaru pakai karpet, tetapi saat TC di Solo sudah langsung ke arena.

"Sekali lagi mudah-mudahan apa yang kita targetkan bisa tercapai. Saya tekankan kepada para atlet kalau yang di depan kita adalah lawan, dan sportif dengan menunjukkan kalau kita punya kemampuan. Dan Riau tidak bisa dilihat sebelah mata. Kita punya prestasi yang luar biasa," pungkasnya.

Sebelum pelaksanaan Peparnas Solo 2024, seluruh atlet yang akan mengikuti pertandingan telah melakukan proses klasifikasi dimulai sejak 3 hingga 5 Oktober. Klasifikasi tersebut bertujuan untuk menentukan derajat disabilitas setiap atlet.(***)




Berita Terkait

Berita Populer

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Teknologi

Read More

Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video