PPDB Jenjang SMA dan SMK Negeri Berjalan Baik di Riau

By Bermadah 09 Jul 2024, 01:00:40 WIB Riau
PPDB Jenjang SMA dan SMK Negeri Berjalan Baik di Riau

BERMADAH.CO.ID, PEKANBARU - Pelaksanaan Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Jenjang SMA dan SMK Negeri Provinsi Riau Tahun 2024 Sudah selesai di laksanakan. 

Hal itu ditandai dengan pelaksanaan Pendaftaran Ulang calon peserta didik baru yang sudah dinyatakan lulus dalam seleksi PPDB tersebut dari tanggal 2 Juli 2024 sampai dengan 5 Juli 2024. 

Dari data peserta didik baru yang sudah melaksanakan pendaftaran ulang di satuan pendidikan terlihat bahwa semua peserta didik baru yang dinyatakan lulus sudah melakukan pendaftaran ulang di satuan pendidikan atau Slsekolah. Bagi yang berhalangan sudah melakukan konfirmasi dengan pihak sekolah. 

Pernyataan itu disampaikan Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Riau, Roni Rakhmat kepada wartawan, Senin (8/7/2024). 

Dikatakan, dengan selesainya pendaftaran ulang siswa baru di satuan pendidikan maka semua proses Penerimaan Peserta Didik Baru Jenjang SMA dan SMK Negeri Tahun 2024 dinyatakan selesai 

"Sesuai jadwal yang sudah dibuat mulai tanggal 9 Juli  sampai dengan 11 Juli 2024 Peserta Didik Baru sudah mengikuti Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Satuan Pendidikan masing - masing," ungkapnya 

Dinas Pendidikan Provinsi Riau, tambah Roni, berkomitmen bahwa Pelaksanaan PPDB Jenjang SMA dan SMK Negeri Tahun 2024 dilaksanakan "satu putaran". 

Artinya, tidak ada lagi penambahan peserta didik baru pasca pendaftaran ulang selesai, dan pelaksanaan PPDB ini dipantau secara ketat oleh instansi lain seperti Ombusmen, saberpungli, BPMP bahkan KPK juga memberikan perhatian khusus terhadap pelaksanaan PPDB ini berjalan sesuai regulasi. 

"Kita berharap masyarakat memahami hal ini. Bagi calon peserta didik baru kurang mampu yang tidak lulus dalam seleksi PPDB di Sekolah negeri, Pemerintah Provinsi Riau menyediakan PPDB Jenjang SMA dan SMK Swasta Jalur Afirmasi, dimana calon peserta didik baru yang di nyatakan lulus dalam seleksi PPDB Jalur Bosda Afirmasi akan mendapatkan pendidikan secara gratis di SMA/SMK Swasta yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau," jelas dia.

Dari Data Penerimaan Peserta Didik Baru Jalur Bosda Afirmasi SMA dan SMK Swasta ini terlihat sebagian besar sekolah sudah terpenuhi kuota yang diberikan.Tapi sebagian lagi masih belum terpenuhi. 

Untuk Jalur Bosda Afirmasi SMA dan SMK Swasta, jelas Roni lahi, bagi yang belum terpenuhi kuotanya, Dinas Pendidikan Provinsi Riau sudah menginstruksikan kepada satuan pendidikan agar melakukan pemanggilan kepada calon peserta didik baru yang keluar rangking dengan mempertimbangkan jarak terdekat sekolah dengan tempat tinggal calon peserta didik. 

"Karena melihat masyarakat masih antusias dan masih ada kuota yang belum terpenuhi. Dinas Pendidikan Provinsi Riau juga sudah membuat kebijakan untuk memperpanjang waktu pendaftaran yang semula sampai tanggal 5 Juli 2024 menjadi tanggal 10 Juli 2024," ungkapnya. 

Bagi calon peserta didik baru yang belum melakukan Pendaftaran, sebut dia, bisa melakukan secara offline atau langsung kesekolah yang di tuju. 

Bisa juga, ke layanan pendaftaran Offline Jenjang SMA dan SMK Swasta Jalur Bosda Afirmasi di Dinas Pendidikan Provinsi Riau. 

Dengan membawa persyaratan yang diminta yaitu : Dokumen Kependudukan, Dokumen Akademis dengan melampirkan Kartu Indonesia Pintar (KIP), atau Surat Keterangan Terdata dalam
Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Dinas Sosial Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau atau Surat Keterangan terdata dalam Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) Kemenko PMK atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan. 

"Sebanyak 37 SMK Swasta dan 13 SMA Swasta yang sudah bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Riau dapat dipilih oleh calon Peserta Didik Baru, untuk melihat kuota yang tersedia dapat dilihat pada website PPDB Online Jenjang SMA dan SMK Swasta Jalur Bosda Afirmasi dialamat https://ppdb.riau.go.id/admin/data_swasta," pungkasnya.(***)




Berita Terkait

Berita Populer

Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Teknologi

Read More

Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

  • PelangiQQ

    Ah.. paling bentar ajaa tu - Dapatkan bonus melimpah untuk member baru !! Hanya di ...

    View Article
  • Pelangipoker

    Semoga hukum dapat ditegakkan walaupun melawan orang berduit - Dapatkan bonus untuk member baru ...

    View Article
  • Pokerpelangi

    Udah dapat keja lain mungkin. Habis lama kali diterima PNS - Poker online bonus terbesar untuk ...

    View Article

Video Terbaru

View All Video