Dandim Inhu Pimpin Langsung Pemadaman Areal Gambut Yang Terbakar

By Bermadah 13 Agu 2019, 20:34:08 WIB Inhu
Dandim Inhu Pimpin Langsung Pemadaman Areal Gambut Yang Terbakar

Keterangan Gambar : Dandim 0302/Inhu Letkol Arh Hendra Roza SIP bersama personel Tim Satgas Terpadu Karhutla Kabupaten Indragiri Hulu memadamkan api yang membakar lahan gambut di Desa Pulau Gelang, Kecamatan Kuala Cenaku, Selasa 13 Agustus 2019


BERMADAH.CO.ID, INHU - Sejak Senin 12 Agustus 2019 kemarin hingga hari ini. Tim Terpadu Satgas Karhutla yang melakukan pemadaman api yang membakar lahan Gambut di Dusun Ingin Jaya, Desa Pulau Gelang, Kecamatan Kuala Cenaku berjalan signifikan.

Pemadaman yang dipimpin oleh Dandim 0302/Inhu Letkol Arh Hendra Roza SIP kini hanya tinggal pendinginan. Artinya, api yang membakar areal gambut hingga 20 hektar itu sudah tidak ada lagi. Hanya beberapa titik asap yang keluar dari dalam kawasan gambut.

"Alhamdulillah, seluruh api sudah berhasil kita padamkan sejak kemarim hingga sore ini. Hanya tinggal proses pendingian saja. Ini semua berkat kerja keras Tim Terpadu Satgas Karlahut. Insya Allah, proses pendinginan akan terus di lakukan hingga besok. Sehingga tidak ada lagi titik api di areal gambut ini," jelas Dandim 0302/Inhu, Selasa 13 Agustus 2019.

Dandim menambahkan, berkat kerja keras dan maksimal antara tim, jumlah hotspot sudah tidak ada lagi tanpa pengecualian.

"Sukses kerja tim pada hari ini. Kini tinggal pendinginan saja. Malam ini seluruh tim masih bermalam di sini. Sehingga segala kemungkinan, seperti meluasnya titik api akan kita ketahui. Sebab, di musim kemarau panjang ini, karakter gambut sangat mudah terbakar. Jika sedikit saja terkena bara api, baik itu berasal dari puntung rokok maupun tiupan angin maka akan cepat menyala. Gambut di sini sangat kering dan dalam. Api tidak kelihatan tapi asapnya keluar dari dalam," pungkas Dandim.

Diketahui, jumlah personel Tim Satuan Tugas (Satgas) Terpadu Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), antara lain Kodim 0302/Inhu 50 orang, Polres Inhu 40 orang, Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu 15 orang, Manggala Agni 6 orang, Satpol PP Inhu 7 orang, Masyarakat Peduli Api (MPA) 7 orang dan Aparat Pemerintahan Desa 6 orang.(yuz)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment



Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.


Jajak Pendapat



Komentar Terakhir

Video Terbaru

View All Video